Peningkatan pemahaman subtema gemar berolahraga melalui model pembelajaran course review horay pada siswa kelas 1 MI HASYIM ASY'ARI Sukodono Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Arina Hikmatul (2019) Peningkatan pemahaman subtema gemar berolahraga melalui model pembelajaran course review horay pada siswa kelas 1 MI HASYIM ASY'ARI Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arina Hikmatul Hasanah_D07215004.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya pemahaman peserta didik kelas I MI Hasyim Asy’ari Sukodono pada pembelajaran 5 subtema gemar berolahraga. Berdasarkan hasil kegiatan pra siklus, dari 28 peserta didik hanya 9 peserta didik yang tuntas. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas, penyebab rendahnya pemahaman peserta didik karena kurangnya inovasi guru dalam menerapkan model atau strategi pembelajaran serta kemampuan pemahaman peserta didik yang berbeda-beda menjadi kendala pada mata pelajaran tematik.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Course Review Horay untuk meningkatkan pemahaman subtema gemar berolahraga di kelas I MI Hasyim Asy’ari Sukodono? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman subtema gemar berolahraga dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay di kelas I MI Hasyim Asy'ari Sukodono?.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model Kurt Lewin. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I MI Hasyim Asy’ari Sukodono Sidoarjo yang terdiri dari 28 peserta didik. Pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Penerapan model pembelajaran Course Review Horay dapat diperoleh hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 73 dan meningkat pada siklus II menjadi 89. Sedangkan hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 71 dan meningkat menjadi 87,5 pada siklus II.Pemahaman subtema gemar berolahraga pembelajaran 5 melalui penerapan model pembelajaran Course Review Horay mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata peserta didik pada pra siklus sebesar 60 dengan persentase 32%, pada siklus I menjadi 77 dengan persentase 64%, dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5 dengan persentase 92%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Arina Hikmatularinahikmatul98@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Olah Raga
Pendidikan
Keywords: Pemahaman; Tematik; Model Pembelajaran Course Review Horay
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hasanah Arina Hikmatul
Date Deposited: 12 Apr 2019 02:55
Last Modified: 12 Apr 2019 02:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31091

Actions (login required)

View Item View Item