Peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi perkalian siswa kelas III-C MINU Wedoro Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widyaningsih, Eka Wahyu (2019) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi perkalian siswa kelas III-C MINU Wedoro Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Wahyu Widyaningsih_D07215012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penulisan penelitian ini ialah rendahnya tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa kelas III C pada materi perkalian. Hal ini disebabkan karena pembelajaran lebih memfokuskan siswa untuk menghafal atau menirukan langkah-langkah penyelesaian pada contoh soal yang diberikan guru tanpa menanamkan sebuah konsep dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari –hari. Dari total 34 siswa yang berada dikelas III C hanya ada 9 siswa yang memenuhi kriteria dalam kemampuan komunikasi matematis tulis. Maka dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) sebagai salah satu solusi.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada materi perkalian bagi siswa kelas III C MINU Wedoro Sidoarjo? (2) Bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi perkalian bagi siswa kelas III C MINU Wedoro Sidoarjo?. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK model Kemmis & Taggart dengan subjek penelitian 34 siswa MINU Wedoro Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran yang meliputi empat tahap: Planning, Acting & Observing, Reflecting. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi guru dan siswa, Tes tulis dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berhasil, hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan skor aktivitas guru sebesar 2,95 (Baik) pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 3,57 (Sangat Baik) pada siklus II. Kemudian skor aktivitas siswa mendapat skor 3 pada siklus 1 (Baik) meningkat menjadi 3,4 (Sangat Baik) pada siklus II. (2) Selain itu, peningkatan kemampuan komunikasi matematis tulis siswa kelas III C juga berhasil. Hal ini dapat dibuktikan dari rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematis tulis pada pra siklus yaitu sebesar 33,45 meningkat menjadi 54,17 pada siklus I dan meningkat lagi pada silkus II menjadi 74,75. Lalu dilihat dari persentase ketuntasan kemampuan komunikasi matematis tulis pada pra siklus sebesar 26,47% (Sangat Rendah) meningkat menjadi 55, 88 % (Rendah) pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 82,35% (Tinggi).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widyaningsih, Eka Wahyuekaw5087@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Matematika
Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis; Perkalian; Pendekatan PMRI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Widyaningsih Eka Wahyu
Date Deposited: 12 Apr 2019 02:31
Last Modified: 12 Apr 2019 02:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31095

Actions (login required)

View Item View Item