Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Jenis Pekerjaan Menggunakan Media FLIPCHART di Kelas III-A MI Thoriqussalam Sepande Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pramitasari, Mia (2019) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Jenis Pekerjaan Menggunakan Media FLIPCHART di Kelas III-A MI Thoriqussalam Sepande Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mia Pramitasari_D97215065.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar peserta didik, proses pembelajaran tidak pernah menggunakan media pada mata pelajaran IPS kelas III-A MI Thoriqussalam Sepande Sidoarjo. Berdasarkan hasil UTS Semester Ganjil tahun 2018-2019, dari 35 peserta didik, hanya 5 peserta didik yang nilainya mencapai KKM dan 30 peserta didik yang belum tuntas.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ialah (1) Bagaimana Penerapan dengan menggunakan media Flipchart dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi Jenis Pekerjaan di kelas III-A MI Thoriqussalam Sepande Sidoarjo?. (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Jenis Pekerjaan dengan menggunakan media Flipchart di kelas III-A MI Thoriqussalam SepandeSidoarjo?. Model yang digunaka peneliti sebagai acuan penelitian tindakan kelas ialah model Kurt Lewin yang didalamnyaterdapat 4 (empat) tahap yaitu perencanaan (Planning), Tindakan (Acting), Observasi, Refleksi (Reflection). Subjek pada penelitian ini ialah peserta didik kelas III-A MI Thoriqussalam Sepande Sidoarjo yang terdiri dari 35 peserta didik. Pengambilan data dilakukan peneliti melalui observasi, dokumentasi nilai UTS mata pelajaran IPS semester ganjil tahun 2018-2019, wawancara, testulis, dokumentasi.Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Penerapan media Flipchart dapat diperoleh hasil observasi aktivitas pendidik dan peserta didik pada siklus I yakni 85,7 (baik) dan meningkat menjadi 98,2 (sangat baik) pada siklus II. Sedangkan hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I yakni 84,6 (baik) dan meningkat menjadi 96,1 (sangat baik) pada siklus II. Hasil belajar mata pelajaran IPS materi Jenis Pekerjaan melalui media Flipchart mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata peserta didik mata pelajaran IPS pada pra siklus ialah 62,8 (gagal) dengan persentase 14,2% (gagal). Pada siklus I menjadi 68,1 (cukup baik) dengan persentase 68,5% (cukup baik). Pada siklus II menjadi 79,5 (baik) dengan persentase 85,7% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pramitasari, Miapramitasarimia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Keywords: Hasil Belajar; IPS; Media Flipchart
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Pramitasari Mia
Date Deposited: 15 Apr 2019 01:27
Last Modified: 15 Apr 2019 01:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31100

Actions (login required)

View Item View Item