Membangun semangat cinta lingkungan sehat pada komunitas anak menuju kampung sehat dan bersih di Desa Perning Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novi Wahyuni, Novi Wahyuni (2019) Membangun semangat cinta lingkungan sehat pada komunitas anak menuju kampung sehat dan bersih di Desa Perning Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novi wahyuni_B92215058.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang suatu proses membangun semangat cinta lingkungan sehat komunitas anak SD pada 3 sekolahan di Desa Perning. Proses pengorganisasian komunitas anak ini bertujuan agar memiliki rasa cinta terhadap lingkungan melalui hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkunganya atau sistem ekologi. Adapun fokus masalah yang dirumuskan oleh peneliti dianataranya yaitu 1) Bagaimana problematika kesehatan masyarakat di Desa mengenai lingkungan sehat?, 2) Bagaimana strategi dalam membangun semangat cinta lingkungan hidup pada komunitas anak di Desa Perning, 3) Bagaimana hasil dari proses pngorganisasian untuk membangun semangat cinta lingkungan sehat pada anak menuju kampung sehat dan bersih di Desa Perning Jatikalen Nganjuk?. Pengorganisasian komunitas anak terhadap ketidak pedulian anak SD pada lingkungan dengan cara mengelolah sampah dan menanam serta merawat tanaman menjadikan lingkungan hijau dan bersih. Penelitian dan pendampingan ini menggunakan Participatory Action Research (PAR). Metode PAR merupakan penelitian yang melibatkan secara aktif semua stakeholder atau pihak-pihak yang relevan seperti bapak/ibu guru pengajar sekolah, anak-anak SD, orang tua dan Pegawai Negeri Sipil yang mengajar di sekolah tersebut. dan juga melibatkan secara aktif semua stakeholder atau pihak-pihak yang relevan terhadap apa yang diteliti dalam mengkaji tindakan yang sedang berlangsung, dimana pengalaman masyarakat sendiri sebagai persoalan dalam rangka melakukan perubahan dan perbaikan yang orientasinya membuat masyarakat lebih baik. Hasil dari penelitian dari proses pengorganisasian dalam terwujudnya perubahan perilaku dan bertambahnya wawasan komunitas anak sekolah dasar mengenai lingkungan sehat. Selama proses pengorganisasian berlangsung, anak-anak sudah mulai mengetahui mengenai dampak dari lingkungan yang kotor melalui pendidikan yang dibangun oleh peneliti guna untuk membangun semangat mereka sejak sekolah dasar. Serta adanya kegiatan mulung sampah, dan terbentuknya jadwal piket kelas untuk meningkatkan sikap kepedulian terhadap kebersihan lingkungan yang telah dibangun sejak sekolah dasar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novi Wahyuni, Novi Wahyuninoviwahyuni509@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Cinta Lingkungan Sehat; Komunitas Anak; Kampung Sehat dan Bersih
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wahyuni Novi
Date Deposited: 12 Apr 2019 06:40
Last Modified: 12 Apr 2019 06:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31106

Actions (login required)

View Item View Item