Penguatan kapasitas ibu-ibu PKK dalam pemanfaatan limbah sampah plastik di Karangpoh Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyidah,, Kholifatur. (2019) Penguatan kapasitas ibu-ibu PKK dalam pemanfaatan limbah sampah plastik di Karangpoh Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kholifatur Rosyidah_B92215075.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendampingan yang terfokus kepada penguatan kapasitas Ibu-ibu PKK sebagai Ibu rumah tangga di Kampung Gadel Kelurahan Karangpoh melalui pemanfaatan dan pengelolaan limbah botol plastik. Proses pendampingan ini dilakukan dengan cara kegiatan pelatihan kerajinan tangan daur ulang botol plastik. Kerajinan tangan tersebut dijadikan produk wirausaha bersama dengan tujuan untuk meningkatkan daya kreatifitas dan menambah kemandirian ekonomi Ibu-ibu PKK. Kreatifitas tersebut dapat digunakan untuk mengubah bahan bekas menjadi barang yang bernilai ekonomis. Pendampingan ini menggunakan pendekatan berbasis aset/kekuatan yang biasa dikenal dengan sebutan ABCD (Asset Bassed Community Development). ABCD merupakan pendekatan yang mengutamakan pemanfaatan aset atau potensi yang dimiliki masyarakat dan yang ada di sekitar mereka. Salah satu modal yang paling utama ada;ah keinginan untuk bisa hidup yang lebih baik dan hal tersebut tumbuh atas dasar kedasaran masyarakat itu sendiri. Peneliti menggunakan pendampingan dengan pendekatan berbasis aset untuk melakukan perubahan dan menciptakan kemandirian dalam hal memanfaatkan kekuatan, aset dan potensi yang ada. Hasil dari pendampingan ini yaitu, Ibu-ibu PKK mampu dan bisa mengelola aset yang ada di sekitar mereka. Menciptakan kemandirian ekonomi seorang ibu rumah tangga, sehingga tidak bergantung pada penghasilan suami mereka tetapi mereka juga bisa dapat mendapatkan penghasilan tambahan melalui kegiatan pelatihan kerajinan tangan daur ulang botol plastik. Pendampingan ini difokuskan kepada limbah botol plastik yang hanya dikumpulkan hingga dijual ke pengepul. Melalui Ibu-ibu PKK limbah botol plastik Ibu-ibu PKK, limbah botol plastik tersebut diolah menjadi kerajinan tangan yang kemudian memiliki nilai jual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyidah,, Kholifatur.kholifatur.rosyidah123@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Mandiri
Ekonomi
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Pendampingan Ibu-ibu PKK; Limbah botol plastik; Kemandirian ekonomi Ibu-ibu PKK
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rosyidah Kholifatur
Date Deposited: 12 Apr 2019 06:08
Last Modified: 12 Apr 2019 06:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31113

Actions (login required)

View Item View Item