Peningkatan pemahaman mata pelajaran Al-qur’an Hadits surat Al-kafirun beserta terjemahan melalui metode gerak kinestetik siswa kelas II MINU Waru II Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Atik, Itsna Athi'illah (2019) Peningkatan pemahaman mata pelajaran Al-qur’an Hadits surat Al-kafirun beserta terjemahan melalui metode gerak kinestetik siswa kelas II MINU Waru II Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
ITSNA ATHI'ILLAH_D07215020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penulisan penelitian ini adalah rendahnya tingkat pemahaman peserta didik kelas II-A pada materi surat Al-Kafirun. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran di kelas belum menggunakan metode yang sesuai sehingga dalam proses belajar mengajar cenderung kurang bermakna. Akibatnya siswa dalam pembelajaran cenderung ramai.dari total 29 peserta didik yang ada di kelas II-A hanya ada 12 peserta didik yang memenuhi nilai KKM yang telah ditentukan.Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode gerak kinestetik di MINU Waru II Sidoarjo pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas II-A materi surat Al-Kafirun? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman siswa pada materi surat Al-Kafirun beserta terjemahannya di kelas II-A MINU Waru II Sidoarjo melalui penerapan metode gerak kinestetik?Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penulisan ini adalah PTK model Kurt Lewin dengan subjek penelitian 29 siswa dan tempat penelitian di MINU Waru II Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran yang meliputi empat tahap: Planning, Acting, Observing, Reflecting. Pengumpulan data didapat melalui wawancara, observasi guru dan siswa, Tes tulis dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Penerapan metode gerak kinestetik berhasil karena guru bisa menerapkan metode gerak kinestetik ini dengan baik pada saat pembelajaran sehingga menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dari perolehan skor pengamatan aktivitas guru dan peserta didik yang mengalami peningkatan, yaitu skor aktivitas guru yang mendapat skor 81,25 (Baik) pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 91,17 (Sangat Baik) pada siklus II. Skor pengamatan terhadap aktivitas peserta didik mendapat skor 78,33 (Cukup) pada siklus I menjadi 87,5 (Baik) pada siklus II. 2) Peningkatan pemahaman siswa kelas II-A juga berhasil. Hal ini dapat dibuktikan dari tahap pra siklus, siklus I maupun siklus II. Rata-rata nilai pemahaman siswa pada pra siklus yaitu sebesar 69,31 (Cukup) meningkat menjadi 69,82 (Cukup) pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 84,41 (Sangat Baik). Persentase ketuntasan pemahaman pada pra siklus sebesar 41,37% (Rendah) meningkat menjadi 51.72% (Cukup) pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi sebesar 82,75% (Tinggi Sekali).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Atik, Itsna Athi'illahatikitsna@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Cerita dalam Al Qur'an
Al Qur'an
Keywords: Pemahaman; Surat Al-Kafirun; Gerak Kinestetik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Athi'illah Itsna
Date Deposited: 12 Apr 2019 07:05
Last Modified: 12 Apr 2019 07:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31122

Actions (login required)

View Item View Item