Peran pembelajaran pendidikan agama islam dalam membentuk karakter peserta didik ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) di SMA Negeri 1 Gedangan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Triyanto, Achmad Andi (2019) Peran pembelajaran pendidikan agama islam dalam membentuk karakter peserta didik ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) di SMA Negeri 1 Gedangan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Andi Triyanto_D91215083.pdf

Download (1MB)

Abstract

Karakter peserta didik ABK terbentuk dari kebiasaan yang mereka lakukan. Di sekolah peserta didik ABK menghabiskan waktu mereka untuk belajar dan berbaur dengan lingkungan sekitar. Materi pelajaran yang mereka terima perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, begitu pula dengan materi pelajaran Pendidikan Agama Islam perlu diterapkan agar karakter peserta didik ABK dapat terbentuk dengan baik. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Gedangan? (2) Bagaimana karakteristik peserta didik ABK di SMA Negeri 1 Gedangan? (3) Bagaimana peran pembelajaran pendidikan agama islam dalam membentuk karakter peserta didik ABK di SMA Negeri 1 Gedangan? Dari hasil penelitian di SMA Negeri 1 Gedangan peneliti dapat memberi kesimpulan: Pertama, proses pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sudah berjalan dengan cukup baik dan tertib hingga pembelajaran selesai. Kedua, peran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik ABK di SMA Negeri 1 Gedangan dimulai dengan penyampaian oleh guru tentang materi pelajaran di kelas, kemudian materi yang telah disampaikan oleh guru diimplementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari melalui pembiasaan. Selain itu, pembentukan karakter peserta didik ABK yaitu melalui guru dengan cara memberikan contoh yang baik dan cerita-cerita para nabi yang didalamnya terdapat pesan moral.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Triyanto, Achmad Anditriyantoandi20@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Anak
Keywords: Peran; Pendidikan Agama Islam; Pendidikan Karakter; ABK
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Triyanto Achmad Andi
Date Deposited: 12 Apr 2019 01:39
Last Modified: 12 Apr 2019 01:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31131

Actions (login required)

View Item View Item