Interelasi pemahaman kitab Ta`limul Muta`alim dengan pembentukan karakter santri Pondok Pesantren Langitan Widang Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifuddin, Moh (2019) Interelasi pemahaman kitab Ta`limul Muta`alim dengan pembentukan karakter santri Pondok Pesantren Langitan Widang Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh Afifuddin_D01215025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Urgensi penelitian ini adalah untuk memebentuk karakter yang baik bagi diri seorang pelajar dengan jalan mempelajari kitab Ta`limul Muta`alim. Sehingga rumusan masalah yang akan dikaji adalah : (1) bagaimana sistim pembelajaran kitab Ta`limul Muta`alim di Pondok Pesantren Langitan? (2) Bgaimana karakter santrri di Pondok Pesantren Langitan? (3) bagaimana interelasi pemahaman kitab Ta`limul Muta`alim dengan Pembentukan karakter Santri Pondok Pesantren Langitan? Untuk mencapai tujuan diatas penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas social, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik analisa data dengan tiga cara yaitu mereduksi data, display data, dan mengambil kesimpulan. Kemudian, pengamatan, dan trigulasi. Dari hasil penelitian, penulis dapat simpulkan sebagai berikut : 1. Sistim pembelajaran kitab Ta`limul Muta`alim di Pondok Pesantren Langitan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan keteladanan. 2. karakter yang ada pada santri pondok pesantren Langitan adalah berani, tanggung jawab, mandiri, berakhlakul karimah, disiplin, qona`ah, sederhana, bijaksana, memiliki rasa kebersamaan yang tinggi, menghormati orang tua dan guru, dan cinta kepada ilmu. 3. Interelasi pemahaman kitab Ta`limul Muta`alim dengan Pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Langitan yang dikaitkan dengan karakter Mendiknas Untuk tingkatan MI hanya sebagian karakter yang dibentuk sedangkan untuk tingkatan MTs dan MA semua terpenuhi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifuddin, MohAvievmuhammad10@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pemahaman; Ta`limul Muta`alim; Pembentukan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Afifuddin Moh.
Date Deposited: 12 Apr 2019 02:14
Last Modified: 12 Apr 2019 02:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31133

Actions (login required)

View Item View Item