Pendidikan pesantren dalam meningkatkan Life Skill santri: studi kasus di Pondok Pesantren Roudlatul Ulum As Syabrowiy

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syaifi, Syaifur Rahman (2019) Pendidikan pesantren dalam meningkatkan Life Skill santri: studi kasus di Pondok Pesantren Roudlatul Ulum As Syabrowiy. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syaifur Rahman_D01214023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu model pendidikan yang lumrah digunakan di sebuah lembaga pendidikan Islam seperti pondok pesantren adalah metode non klasikal yang merupakan metode pertama kali digunakan dan secara turun temurun telah dianut oleh sebuah pesantren. Model pembelajarn ini tidak terdapat teknik pengajaran yang dijabarkan dalam bentuk kurikulum. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisa serta mengungkap tentan pola dan model pendidikan yang diterapkan di pondok pesantren Roudlatul Ulum As-Syabrowiy Bangkalan Sampang. Penelitian ini dilakukan dengan mengungkap dua rumusan masalah yaitu model atau pola pendidikan di pondok pesantren Roudlatul Ulum As-Syabrowiy, dan aktualisasi nilai pendidikan berbasis life skill di pondok pesantren Roudlatul Ulum ASyabrowiy. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian berdasarkan tempatnya adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan adalah untuk mencari peristiwa-peristiwa yang menjadi objek penelitian berlangsung. Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan di atas, setelah dianalisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Pondok pesantren Roudlatul Ulum As-Syabrowiy mengimplementasikan metode sorogan di dalam kegiatan pembelajaran pengajian kitab kuning. (2) metode sorogan benar-benar dapat mengaktualisasikan nilai-nilai life skill di dalamnya seperti nilai kecakapan kepribadian, kecakapan sosial, kecakapan akademik, kecakapan berfikir rasional, dan kecakapan kejuruan. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa pola pendidikan pesantren selurus dengan pola pendidikan berbasis life skill yang mana keduanya tidak dapat terpisahkan. Hal ini dikarenakan keduanya merupakan nilai kesatuan yang utuh dalam hubungannya dengan kehidupan. Dengan demikian, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa setiap proses belajar mengajar di dalam sebuah pesantren dengan metodenya yang sedemikian rupa tertanam pula nilai-nilai kecakapan hidup yng terintegrasi di dalamnya yaitu konsep yang memberikan kemampuan, kesanggupan, dan keterampilan pada santri sebagai bekal untuk emnjalani kehidupan di kemudian hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syaifi, Syaifur Rahmaniponk.sayfi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pesantren
Keywords: Pendidikan Pesantren; Life Skill
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahman Syaifur
Date Deposited: 12 Apr 2019 06:49
Last Modified: 12 Apr 2019 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31141

Actions (login required)

View Item View Item