Studi komparasi konsep Pendidikan Akhlak perspektif KH Bisri Mustofa dan Zakiah Daradjat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Miftahul (2019) Studi komparasi konsep Pendidikan Akhlak perspektif KH Bisri Mustofa dan Zakiah Daradjat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftahul Huda_D01215024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari dampak pendidikan nasional yang mulai meninggalkan nilai moral. Sehingga penulis tertarik untuk mengkaji bagaimana konsep pendidikan akhlak menurut KH. Bisri Mustofa dan Zakiyah Daradjat. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan akhlak menurut KH. Bisri Mustofa dan Zakiyah Daradjat, (2) mengetahui komparasi konsep pendidikan akhlak menurut KH. Bisri Mustofa dan Zakiyah Daradjat.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi pustaka (library reseach Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan untuk menganalisis isi adalah (content analisis), Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) konsep pendidikan akhlak menurut KH. Bisri Mustofa dalam Syi’ir Ngudisusila Pitedhah Kanthi Terwela terkandung nilai-nilai akhlak mahmudah yang berupa dlabtun nafsi, qana’ah, ash-shidqu, amanah dan tasamuh (2) konsep pendidikan akhlak menurut Zakiyah Daradjat mengedepankan 3 faktor yaitu: a. faktor figure (orang tua dan guru), b. faktor kultur, dan c. faktor tekstur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, MiftahulMiftahuda186@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Agama > Biografi Tokoh
Keywords: Konsep Pendidikan Akhlak; KH. Bisri Mustofa; Zakiyah Daradjat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Huda Miftahul
Date Deposited: 12 Apr 2019 03:55
Last Modified: 16 Apr 2019 09:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31173

Actions (login required)

View Item View Item