Penggunaan strategi ekspositori dalam meningkatkan pemahaman anak berkebutuhan khusus (slow learner) pada mata pelajaran Fiqih kelas VIIdi MTs Wachid Hasyim Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sutanti, Novilia (2019) Penggunaan strategi ekspositori dalam meningkatkan pemahaman anak berkebutuhan khusus (slow learner) pada mata pelajaran Fiqih kelas VIIdi MTs Wachid Hasyim Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novilia Sutanti_D91215073.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran Fiqih penting dalam kehidupan, maka seorang pendidik dituntut untuk mampu menjelakan dengan baik. Memilih strategi serta metode yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik terutama anak lamban belajar .Penelitian ini betujuan untuk menjawab rumusan masalah:(1) Bagaiman penggunaan strategi ekspositori dalam kegiatan pembelajaran Fiqih kelas 7 di MTs Wachid Hasyim Surabaya?,(2)Bagaimana anak lamban belajar (slow learner) kelas 7 di MTs Wachid Hasyim Surabaya?,(3)Bagaimana penggunaan strategi ekspositori dalam meningkatkan pemahaman anak berkebutuhan khusus ( slow learner) pada mata pelajaran Fiqih kelas 7 di MTs Wachid Hasyim Surabaya? Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data diperolah melalui observasi, dokumentasi, dan wawacara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :(1) Anak lamban belajar (slow learner) kelas 7 di MTs Wachid Hasyim Surabaya tergolong anak lamban belajar yang keterbatasan kapasitas kognitif,(2) Penggunaan strategi ekspositori dalam pembelajaran Fiqih kelas 7 di MTs Wachid Hasyim Surabaya sudah baik. Namun guru tidak pure menggunakan strategi ekspositori , (3) Dalam proses pembelajaran yang menggunakan strategi ekspositori berhasil meningkatkan pemahaman anak lamban belajar dalam pelajaran Fiqih. Hal ini didukung dengan penggunaan strategi tambahan yaitu strategi cooperative learning.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sutanti, Novilianoviliasutanti_091116@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi ekspositori; meningkatkan pemahaman; slow learner
Depositing User: Sutanti Novilia
Date Deposited: 12 Apr 2019 03:37
Last Modified: 12 Apr 2019 03:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31176

Actions (login required)

View Item View Item