Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam buku Siapa Penerus Saya? memoar kehidupan Ustadz Jeffry al Buchori karya Yusuf Mansur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratama, Surya Angga (2019) Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam buku Siapa Penerus Saya? memoar kehidupan Ustadz Jeffry al Buchori karya Yusuf Mansur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Surya Angga Pratama_D91215078.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana konsep tentang nilai-nilai pendidikan Islam (2) Nilai-nilai pendidikan Islam apa sajakah yang terkandung dalam buku Siapa Penerus Saya ? Memoar Kehidupan Ustadz Jeffry Al Buchori karya Yusuf Mansur (3) Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku Siapa Penerus Saya ? Memoar Kehidupan Ustadz Jeffry Al Buchori karya Yusuf Mansur dengan konsep pendidikan Islam dewasa ini ? Nilai-nilai pendidikan Islam dimaksudkan untuk membantu seseorang agar lebih memahami nilai-nilai dalam Islam, serta mampu mengaplikasikannya secara konsisten dalam kehidupan. Salah satu cara yang dapat dilakukan ialah melalui kisah sejarah tokoh Islam. Ustadz Jefri ialah salah satu tokoh Islam di Indonesia yang mencerminkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam kehidupannya, seorang laki-laki tangguh yang terdidik di lingkungan religius dan tumbuh dibawah naungan dakwah. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis akan membahas mengenai kajian teori tentang nilai-nilai pendidikan Islam dan kajian sejarah tentang biografi dan aktivitas Ustadz Jeffry Al-Buchori sebagai pembimbing umat Islam di Indonesia. Dan selanjutnya menganalisis terkait nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang tercermin dalam buku Siapa Penerus Saya ? Memoar Kehidupan Ustadz Jeffry Al Buchori karya Yusuf Mansur. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang berbentuk deksriptif dan jenis penelitiannya adalah kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan historis (sejarah). Adapun sumber datanya diambil dari data primer yaitu buku Siapa Penerus Saya ? Memoar Kehidupan Ustadz Jeffry Al Buchori karya Yusuf Mansur dan data sekunder berupa buku-buku mengenai nilai-nilai pendidikan Islam serta biografi kehidupan Ustadz Jeffry Al Buchori. Berdasarkan analisis yang dilakukan penulis terkait nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam buku Siapa Penerus Saya ? Memoar Kehidupan Ustadz Jeffry Al Buchori karya Yusuf Mansur, maka didapatkan hasil : Nilai keimanan (akidah) meliputi berpegang teguh pada al-Qur’an dan hadis serta ridho pada ketetapan Allah swt. Nilai ibadah (syariah) meliputi dua hal yaitu, kewajiban mendirikan shalat dan semangat membaca al-Quran. Sedangkan dalam nilai akhlak terdapat lima akhlak mulia, yaitu taat pada orang tua, rendah hati, istiqomah, tangguh, dan dermawan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratama, Surya Anggasuryaanggapratama@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Keywords: Nilai; Pendidikan Islam; Ustadz Jeffry Al-Buchori
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pratama Surya Angga
Date Deposited: 12 Apr 2019 03:51
Last Modified: 12 Apr 2019 03:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31178

Actions (login required)

View Item View Item