Prinsip-prinsip pengelolaan Badan Usaha Milik Desa dalam perspektif Ekonomi Islam (Studi kasus di Desa Pangkahwetan Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purnamawati,, Dewi. (2019) Prinsip-prinsip pengelolaan Badan Usaha Milik Desa dalam perspektif Ekonomi Islam (Studi kasus di Desa Pangkahwetan Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Purnamawati_G04215008.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Prinsip-Prinsip Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Dalam Prespektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Desa Pangkahwetan Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik)” ini bertujuan untuk mengetahui penerapan perspektif Ekonomi Islam dalam prinsip pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Pangkahwetan Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik.Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang teknik pengumpulan datanya berupa wawancara dan dokumentasi. Penulis mewawancarai sekretaris dan bendahara yang mengelola BUMDes East Pangkah Corps yang akan dijadikan narasumber sebagai bahan pendukung hasil yang akan diperoleh dalam penelitian yang sedang dilakukan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengelolaan BUMDes East Pangkah Corps dalam membangun perekonomian Desa Pangkahwetan dilakukan dengan menetapkan target atau tujuan BUMDes tersebut, kemudian melakukan identifikasi potensi desa yang dikembangkan menjadi berbagai unit usaha. Setelah dibentuknya kegiatan usaha tersebut BUMDes East Pangkah Corps membentuk struktur organisasi dan pihak-pihak yang mendapat tugas dan wewenang secara langsung mengimplementasikan progam kegiatan yang sudah dibuat dengan melakukan berbagai kerjasama. Kemudian tahap terakhir adalah pengawasan yang dilakukan oleh pihak pengawas kepada pelaksana operasional dan melakukan adanya evaluasi terhadap suatu program kerja tersebut. Semua itu dilakukan untuk mencapai target yang telah direncanakan. BUMDes East Pangkah Corps mengelola kegiatan usahanya dengan menerapkan prinsip-prinsip yang telah sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan seperti pembagian kerja, disiplin, otoritas, garis wewenang, kesatuan pengarahan, kesatuan komando, perintah dan inisiatif. Sedangkan yang tidak sesuai yaitu prinsip penggajian atau pengupahan. Prinsip-prinsip pengelolaan yang sesuai dengan pengelolaan BUMDes tersebut dietrapkan dalam prespektif Ekonomi Islam, yaitu prinsip kerjasama (Syirkah), partisipasi/ keikutsertaan, dan transparasi.Berdasarkan dari hasil penelitian, diharapkan BUMDes East Pangkah Corps ketua BUMDes memperhatiakan prinsip pengupahan atau pengajian, karena mengingat kinerja dan prestasi yang dilakukan oleh pengelola BUMDes East Pangkah Corps.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purnamawati,, Dewi.d.purnamaw@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Perspektif Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Purnamawati Dewi
Date Deposited: 12 Apr 2019 07:27
Last Modified: 12 Apr 2019 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31182

Actions (login required)

View Item View Item