Penggunaan Jilbab Khimar dan implikasinya terhadap perilaku sosial dalam kegiatan belajar PAI pada Mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izza, Aqidatul (2019) Penggunaan Jilbab Khimar dan implikasinya terhadap perilaku sosial dalam kegiatan belajar PAI pada Mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunah Ampel Surabaya.

[img] Text
Aqidatul Izza_D01215006.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan jilbab khimar yang semakin banyak digunakan oleh mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya khususnya mahasiswi prodi Pendidikan Agama Islam angkatan 2015. Permasalahannya ialah ditakutkan penggunaan jilbab khimar bukan lagi merupakan salah satu simbol ketaatan bagi seorang muslimah terhadap syariat agama, tetapi telah bergeser menjadi simbol gaya hidup berbusana yang modis atau hanya mengikuti tren saja. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana penggunaan Jilbab khimar mahasiswi Prodi Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Ampel Surabaya? (2) Bagaimana perilaku sosial pengguna Jilbab Khimar mahasiswi Prodi Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Ampel Surabaya? (3) Bagaimana implikasi penggunaan Jilbab Khimar mahasiswi Prodi Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku sosial dalam kegiatan belajar PAI di UIN Sunan Ampel Surabaya? Data-data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Berkenaan dengan itu, penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif karena menggunakan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, prosentasedan lisan dari orang-orang serta perilaku yang dapat diamati. Kemudian dianalisis menggunakan metode fenomenologi Edmund Husserl. Berdasarkan hasil yang diperoleh di lapangan, bahwa informan yang menggunakan jilbab khimar memiliki alasan yang beragam, sehingga diketahui implikasi terhadap perilaku sosialnya dalam mengikuti kegiatan belajar PAI di kelas. Dalam penelitian ini diketahui bahwa informan yang menggunakan jilbab khimar tidak menjamin ia dapat berperilaku dengan baik karena masih ada yang berperilaku menyimpang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izza, AqidatulAqidatulyunus96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Akhlak > Akhlak Mulia
Keywords: Penggunaan Jilbab Khimar; Perilaku Sosial; Kegiatan Belajar PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Izza Aqidatul
Date Deposited: 15 Apr 2019 02:15
Last Modified: 15 Apr 2019 02:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31186

Actions (login required)

View Item View Item