Internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam terhadap Displaced Children (anak terlantar): studi kasus di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Rumah Pintar Matahari Krembangan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadlilah, Rika Nur (2019) Internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam terhadap Displaced Children (anak terlantar): studi kasus di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Rumah Pintar Matahari Krembangan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rika Nur Fadlilah_D01215035.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya sarana pendidikan pada anak terlantar yang mampu mewadahi potensi dan minat bakat anak. Maka dalam hal ini sarana pedidikan tersebut mampu menginternalisasi nilai-nilai pendidikan Islam yang sesuai dengan al-Qur’an dan as-Sunnah melalui serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk pembentukan akhlakul karimah. Rumusan penelitian yang diambil pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam yang diterapkan pada Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Rumah Pintar Matahari Krembangan. (2) Bagaimana kondisi displaced children (anak terlantar) di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Rumah Pintar Matahari Krembangan. (3) Bagaimana internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam terhadap displaced children (anak terlantar) di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Rumah Pintar Matahari Krembangan. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang diterapkan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Rumah Pintar Matahari Krembangan, (2) Mendeskripsikan kondisi displaced children (anak terlantar) di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Rumah Pintar Matahari Krembangan, (3) Mengetahui internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam terhadap displaced children (anak terlantar) di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Rumah Pintar Matahari Krembangan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperolah melalui observasi, dokumentasi, dan wawacara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Nilai-nilai pendidikan Islam yang diterapkan ialah nilai aqidah, nilai syariah, dan nilai akhlak (2) Kondisi displacedchildren (Anak Terlantar) dapat diketahui dari faktor keluarga, faktor pendidikan, faktor sosial ekonomi dan faktor kesehatan. (3) Dalam internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam terhadap displaced children (anak terlantar) menggunakan metode pembiasaan, metode keteladanan, metode perumpamaan, metode kisah-kisah, metode hukuman serta metode nasihat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadlilah, Rika Nurrikanurfa97@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Anak Jalanan
Keywords: Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam; Displaced Children
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fadlilah Rika Nur
Date Deposited: 12 Apr 2019 07:10
Last Modified: 12 Apr 2019 07:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31189

Actions (login required)

View Item View Item