Penerapan Prinsip Independensi pada Financing Service di Bank BTN Syariah KCPS Surabaya Bukit Darmo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mudhayati, Lilik (2019) Penerapan Prinsip Independensi pada Financing Service di Bank BTN Syariah KCPS Surabaya Bukit Darmo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lilik Mudhayati_G04215018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Penerapan Prinsip Independensi pada Financing Service di Bank BTN Syariah KCPS Surabaya Bukit Darmo” ini membahas bagaimana implementasi prinsip Independensi pada Financing Service dan bagaimana implikasi penerapan prinsip independensi terhadap kinerja Financing Service di Bank BTN Syariah KCPS Surabaya Bukit Darmo. Untuk menjawab permasalahan, penulis melakukan penelitian dengan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada Bank BTN Syariah KCPS Surabaya Bukit Darmo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap narasumber, observasi, serta dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan teknik trianglulasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Financing Service di Bank BTN Syariah KCPS Surabaya Bukit Darmo dalam kinerjanya sudah menerapkan prinsip independensi. Hal tersebut bisa diketahui melalui data memo pengajuan pembiayaan yang dilakukan oleh Financing Service dapat diterima oleh atasan. Jika memo yang diajukan oleh Financing Service dapat diterima oleh atasan maka Financing Service dapat dipercaya dalam pekerjaanya. Jika Financing Service dapat dipercaya maka Financing Service sudah independen. Selanjutnya implikasi penerapan prinsip independensi pada Financing Service ialah tidak adanya tunggakan pembiayaan. Hal tersebut dapat diketahui berdasarkan contoh data tunggakan pembiayaan nasabah pada Bulan Oktober tidak terjadi tunggakan. Hal tersebut menunjukkan bahwa kinerja Financing Service memiliki kualitas. Jika kinerja Financing Service baik maka sudah menerapkan independensi dengan baik pula. Financing Service di Bank BTN Syariah KCPS Surabaya Bukit Darmo sudah baik dalam menerapkan prinsip independensi dalam kinerjanya. Tetapi, alangkah baiknya jika diadakan realisasi akad pembiayaan KPR dalam kondisi rumah yang sudah terselesaikan pembangunannya agar mengindari konflik dengan nasabah dikedepannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mudhayati, Liliklilikmudha31@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Keywords: Penerapan; Independensi; Financing Service
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mudhayati Lilik
Date Deposited: 15 Apr 2019 01:55
Last Modified: 16 Apr 2019 08:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31193

Actions (login required)

View Item View Item