Efektivitas pembiayaan murabahah terhadap profitabilitas bmt mandiri sejahtera jawa timur cabang Balongpanggang Gresik periode 2015-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mardatillah, Nada Gilang (2019) Efektivitas pembiayaan murabahah terhadap profitabilitas bmt mandiri sejahtera jawa timur cabang Balongpanggang Gresik periode 2015-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nada Gilang Mardatillah_G74215087.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Efektivitas Pembiayaan Mura>bah}ah terhadap Profitabilitas di BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur cabang Balongpanggang Gresik Periode 2015-2017” ini membahas bagaimana pembiayaan mura>bah}ah di BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur cabang Balongpanggang Gresik dan efektivitas pembiayaan mura>bah}ah terhadap profitabilitas di BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur cabang Balongpanggang Gresik.Untuk menjawab permasalahan diatas, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan informan dalam penelitian ini yaitu anggota dan karyawan BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur cabang Balongpanggang Gresik.Hasil penelitian yang diperoleh dalam hal ini bahwa pembiayaan mura>bah}ah di BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur cabang Balongpanggang Gresik masih dalam kategori kurang efektif. Didapat dari perhitungan rasio efektivitas, pembiayaan mura>bah}ah terhadap profitabilitas menghasilakan nilai rata-rata sebesar 77,59%. Margin yang didapat dari pembiayaan mura>bah}ah dari tahun 2015 hingga 2017 selalu mengalami penurunan. Tercatat di tahun 2015 pembiayaan mura>bah}ah mencapai Rp. 194.234.464, dan menggalami penurunan di tahun 2016. Tercatat pendapatan margin di tahun 2016 mencapai Rp. 126.526.865, dan di tahun 2017 mengalami penurunan yang sangat drastis dengan pendapatan margin pembiayaan hanya mencapai Rp. 15.937.152.Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa efektivitas pembiayaan mura>bah}ah terhadap profitabilitas di BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur cabang Balongpanggang Gresik masih termasuk dalam kategori kurang efektif dengan indikator bahwa anggota menilai pembiayaan mura>bah}ah merupakan pembiayaan yang rumit dalam segi perealisasian, selain itu kurangnya pemahaman dan sosialisasi mengenai produk pembiayaan juga menjadi indikator dari kurangnya efektivitas pembiayaan mura>bah}ah di BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur cabang Balongpanggang Gresik. Kurangnya dalam proses marketing juga menjadi indikator pembiayaan mura>bah}ah belum optimal dalam mencapai efektivitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mardatillah, Nada Gilangnadamardatillah9@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Efektivitas; Pembiayaan murabahah; Profitabilitas
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mardatillah Nada Gilang
Date Deposited: 12 Apr 2019 07:38
Last Modified: 12 Apr 2019 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31199

Actions (login required)

View Item View Item