Peningkatan pemahaman mata pelajaran SKI materi ketabahan Nabi Muhammad saw dan para sahabat melalui media Kokami (kotak dan kartu misterius) di kelas IV MI Al Hidayah Glagah Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khotimah, Siti Fatimatut (2019) Peningkatan pemahaman mata pelajaran SKI materi ketabahan Nabi Muhammad saw dan para sahabat melalui media Kokami (kotak dan kartu misterius) di kelas IV MI Al Hidayah Glagah Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Fatimatut Khotimah_D97215112.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman siswa kelas IV untuk memahami materi ketabahan Nabi Muhammad saw. dan para sahabat mata pelajaran SKI. Hal tersebut di ketahui pada saat wawancara dengan guru pada tahap pra siklus dan dari hasil pre test yang dilakukan oleh peneliti. Rendahnya pemahaman pada materi tersebut dikarenakan pembelajaran di kelas hanya menggunakan metode ceramah dan kurangnya media dalam proses pembelajaran. Dari 21 siswa hanya 6 siswa (29%) yang mencapai nilai di atas KKM yakni 71. Salah satu upaya yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan pemahaman siswa yaitu dengan menerapkan media dalam pembelajaran. Tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan media Kokami dalam meningkatkan pemahaman materi ketabahan Nabi Muhammad saw. dan para sahabat mata pelajaran SKI pada siswa kelas IV MI Al-Hidayah Glagah Lamongan. 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi ketabahan Nabi Muhammad saw. dan para sahabat mata pelajaran SKI pada siswa kelas IV MI Al-Hidayah Glagah Lamongan setelah menggunakan media Kokami. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Kurt Lewin terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan di MI Al-Hidayah Glagah Lamongan pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 21 yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Data penelitian didapat dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan media Kokami dalam meningkatkan pemahaman materi ketabahan Nabi Muhammad saw. dan para sahabatdapat terlaksana dengan baik. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor sebesar 77,78 (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 94,4 (sangat baik), sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor sebesar 72,73 (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 90,9 (sangat baik). 2) Peningkatan pemahaman materi ketabahan Nabi Muhammad saw. dan para sahabat setelah diterapkannya media Kokami mengalami peningkatan. Terlihat dari hasil peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa pada pra siklus 28,57% (sangat kurang), siklus I 66,67% (cukup) dan pada siklus II 90,47% (sangat baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khotimah, Siti Fatimatutfatimatulardiansyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Pendidikan > Media
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Peningkatan Pemahaman; Materi Ketabahan Nabi Muhammad saw. dan Para Sahabat; Media Kokami
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khotimah Siti Fatimatut
Date Deposited: 16 Apr 2019 07:43
Last Modified: 16 Apr 2019 07:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31201

Actions (login required)

View Item View Item