Peran pembiayaan murabahah terhadap pengembangan usaha mikro kecil dan menengah di KSU BMT Artha Bina Ummat Pasar Sukodono

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sasmito, Daru Luhur (2019) Peran pembiayaan murabahah terhadap pengembangan usaha mikro kecil dan menengah di KSU BMT Artha Bina Ummat Pasar Sukodono. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Daru Luhur Sasmito_C74212118.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian tentang “Peran Pembiayaan Murābaḥah Terhadap Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di KSU BMT Artha Bina Ummat Pasar Sukodono Sidoarjo”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana implementasi pembiayaan murābaḥah di KSU BMT Artha Bina Ummat Sukodono? dan bagaimana peran pembiayaan murābaḥah terhadap pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Pasar Sukodono Sidoarjo. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Data penelitian ini dihimpun melalui wawancara. Wawancara yang digunakan adalah langsung secara struktur maupun bebas dari pihak KSU BMT Artha Bina Ummat yaitu kepada bendahara dan nasabah pembiayaan murābaḥah, selanjutnya dianalisis dengan teknik deskripsi kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembiayaan murābaḥah yang disalurkan oleh KSU BMT Artha Bina Ummat kurang sesuai dengan yang tertuang dalam Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI No. 04/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Murābaḥah. Jika mengikuti ketentuan Fatwa Dewan Syariah Nasional tersebut maka pihak KSU BMT Artha Bina Ummat harus memiliki terlebih dahulu barang yang akan dijadikan sebagai objek pembiayaan murābaḥah. Hasil penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa pembiayaan murābaḥah yang dilaksanakan oleh KSU BMT Artha Bina Ummat dapat membantu siklus usaha mikro tetap berjalan, serta membantu meningkatkan omzet usaha. Penambahan modal melalui pembiayaan murābaḥah di KSU BMT Artha Bina Ummat bisa meningkatkan pendapatan. Meningkatnya pedapatan didapatkan dari bertambahnya barang dagangan yang dijual oleh pedagang. Semakin banyak macam dan jumlah barang yang dijual maka perputarang uang yang dihasilkan juga semakin banyak. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada KSU BMT Artha Bina Ummat Sukodono, terdapat beberapa saran maupun masukan yaitu bagi KSU BMT Artha Bina Ummat diharapkan dapat melakukan aplikasi pembiayaan murābaḥah sesuai dengan ketentuan Fatwa Dewan Syariah Nasional. Dalam Fatwa Dewan Syariah Nasonal Majelis Ulama Indonesia No.04/DSN-MUI/IV/2000 tentang Murābaḥah. Diharapkan lembaga keuangan syariah seperti KSU BMT Artha Bina Ummat Sukodono ini bisa hadir lebih banyak di kalangan masyarakat yang lebih luas. Selain itu diharapkan kepada pelaku usaha mikro untuk tidak mencampur adukkan penggunaan dana pembiayaan dengan kebutuhan yang bersifat konsumtif. Hal ini dilakukan supaya pemanfaataan dana pembiayaan menjadi lebih bijak dan efisien sehingga dapat dirasakan hasil yang lebih maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sasmito, Daru Luhurdaru.afwan@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Murabahah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sasmito Daru Luhur
Date Deposited: 12 Apr 2019 08:25
Last Modified: 12 Apr 2019 08:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31207

Actions (login required)

View Item View Item