Partisipasi pemuda dalam majlis ta’lim dan shalawat Syubbanul Muslimin dan outcome terhadap psikologi pemuda di Paiton Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laili, Nur (2019) Partisipasi pemuda dalam majlis ta’lim dan shalawat Syubbanul Muslimin dan outcome terhadap psikologi pemuda di Paiton Probolinggo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Laili_F520915028.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ada tiga permasalahan yang menjadi fokus pembahasan dalam penelitian ini, yakni: Bagaimana Bagaimana partisipasi pemuda dalam majlis Ta’lim dan Shalawat Syubbanul Muslimin di Paiton Probolinggo? Apa saja yang menjadi motivasi pemuda untuk turut serta dalam majlis Ta’lim dan Shalawat Syubbanul Muslimin Paiton Probolinggo? Bagaimana implikasinya setelah turut serta dalam majlis Ta’lim dan Shalawat Syubbanul Muslimin Paiton Probolinggo? Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Sumber datanya adalah pemuda yang berpartisipasi dalam majlis Ta’lim dan Shalawat Syubbanul Muslimin Paiton Probolinggo. Data dikumpulkan melalui metode participant observation, interview (wawancara), dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan metode fenomenolog psikologis, melalui tahap:1) Inventarisasi data. 2) Klasifikasi data. 3) Display data. Dan, 4) Investasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Bentuk-bentuk partisipasi ditinjau dari sisi psikologi yang disebut engagement. Macam- macam engagement: a) Behavioral engagement. b) Emotional engagement. c) Cognitive engagement. (2) konsep-konsep engagement a) Kekuatan (Vigor) meliputi tingginya energi dan semangat yang dirasakan disertai kegembiraan, kerelaan untuk memberikan usaha maksimal terhadap setiap kinerjanya, dan ketahanan mental ketika menemui kesulitan dalam bekerja. b) Pengabdian (dedication) merupakan suatu kondisi ketika karyawan mempunyai keterlibatan yang kuat dengan pekerjaannya dan munculnya perasaan tertantang, antusias, dan merasa bahwa pekerjaan yang dilakukannya tersebut dapat memberikan inspirasi yang signifikan bagi dirinya baik secara sosial maupun personal. c) Penghayatan (Absorption) meliputi konsentrasi dan kesenangan hati yang amat sangat sehingga mengalami kesulitan untuk lepas dari pekerjaannya dan merasakan bahwa waktu berlalu sangat cepat selama bekerja. (3) Outcome dari partisipasi : a) Say: secara konsisten berbicara positif tentang organisasi tersebut. b) Stay: memiliki keinginan untuk menjadi anggota organisasi tersebut dibandingkan dengan organisasi yang lain. c) Strive: memberikan waktu yang lebih, tenaga dan inisiatif untuk dapat berkontribusi dalam organisasi tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laili, Nuranisah.nurlaili@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi Sosial
Keywords: Pemuda: majlis ta’lim; outcome
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Laili Nur
Date Deposited: 12 Apr 2019 07:54
Last Modified: 12 Apr 2019 07:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31213

Actions (login required)

View Item View Item