Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Beriman kepada Nabi dan Rasul dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match di Kelas IV-B MI Tarbiyatush Shibyan I Semampir Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isnaini, Nur Fajriyatul (2019) Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Beriman kepada Nabi dan Rasul dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match di Kelas IV-B MI Tarbiyatush Shibyan I Semampir Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Fajriyatul Isnaini_D07215032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasil belajar yang rendah pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Beriman kepada Nabi dan Rasul menjadi latar belakang adanya penelitian ini. Penyampaian materi oleh guru masih belum bervariasi dan belum disesuaikan dengan karakteristik siswa. Hal ini menjadi penyebab hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Beriman kepada Nabi dan Rasul tergolong rendah. Model pembelajaran kooperatif tipe make a match diterapkan bertujuan memberikan perbaikan hasil belajar pada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model kooperatif tipe Make a Match untuk meningkatkan hasil belajar materi beriman kepada nabi dan rasul pada mata pelajaran akidah akhlak di MI Tarbiyatus Shibyan Surabaya pada kelas IV-B? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas IV-B MI Tarbiyatus Shibyan Surabaya dengan menggunakan model kooperatig tipe Make a Match? Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahap disetiap siklusnya. Penelitian dilaksanakan di MI Tarbiyatush Shibyan Surabaya pada siswa kelas IV-B yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas guru dengan perolehan nilai 83,62 (baik) pada siklus I menjadi 94,35 (sangat baik) pada siklus II. Skor aktivitas siswa pada siklus I meningkat dari 75,86 (cukup) menjadi 91,12 (sangat baik) pada siklus II. 2) Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 77,55 (cukup) meningkat menjadi 86,59 (baik) pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar pada siklus I meningkat dari 58% (kurang) menjadi 95% (sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan, tindakan perbaikan dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match menghasilkan perubahan yang sesuai pada indikator kinerja yang diharapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isnaini, Nur Fajriyatulnurfajriyatul18@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Peningkatan hasil belajar; Beriman kepada Nabi dan Rasul; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Isnaini Nur Fajriyatul
Date Deposited: 16 Apr 2019 01:26
Last Modified: 16 Apr 2019 01:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31235

Actions (login required)

View Item View Item