Peningkatan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi mari belajar Surat Al-Qadr melalui strategi pembelajaran index card match siswa Kelas V MI Muhammadiyah 08 Kebalan Kulon Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Diastutik, Rensiska (2019) Peningkatan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi mari belajar Surat Al-Qadr melalui strategi pembelajaran index card match siswa Kelas V MI Muhammadiyah 08 Kebalan Kulon Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rensiska Diastutik_D07215037.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar yang rendah pada materi mari belajar surat Al-Qadr di MI Muhammadiyah 08 menjadi latar belakang adanya penelitian ini. Penyampaian materi dari guru yang belum divariasikan dan belum menyandarkan pada karakteristik peserta didik menjadi alasan mengapa peserta didik pasif, dan keadaan kelas yang belum kondusif. Strategi pembelajaran Index Card Match diterapkan bertujuan agar peserta didik menjadi lebih mudah mengingat materi pelajaran, dan lebih aktif baik dalam diskusi maupun tanya jawab dengan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui penerapan strategi pembelajaran index card match dalam rangka meningkatkan hasil belajar materi mari belajar surat Al-Qadr pada peserta didik kelas V MI Muhammadiyah 08 Kebalan Kulon Lamongan. 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar materi mari belajar surat Al-Qadr setelah menggunakan strategi pembelajaran index card match pada peserta didik kelas V MI Muhammadiyah 08 Kebalan Kulon lamongan.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan menggunakan model Kurt Lewin yang terdidri dari 4 tahap dalam 1 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah 08 pada kelas V dengan jumlah peserta didik 9 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan strategi pembelajaran index card match dapat meningkatkan aktivitas guru dengan perolehan nilai pada siklus I sejumlah 83 (baik) dan pada siklus II sejumlah 98,3 (sangat baik). Aktivitas peserta didik meningkat dari 77,9 (cukup) pada siklus I dan pada siklus II menjadi 97 (sangat baik). 2) Peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I mendapatkan perolehan nilai rata-rata 75,8 (cukup) dan meningkat menjadi 88,2 (baik) pada siklus II, dan persentase ketuntasan peserta didik 66,6% (kurang) pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 88,8% (baik) pada siklus II. Berdasarkan dari hasil penelitan yang telah dipaparkan, tindakan perbaikan dengan strategi pembelajaran index card match menghasilkan perubahan sesuai dengan indikator kinerja yang diharapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Diastutik, Rensiskadiasrensiska@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Pendidikan
Al Qur'an
Keywords: Peningkatan Hasil Belajar; Mari Belajar Surat Al-Qadr; Strategi Pembelajaran Index Card Match
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Diastutik Rensiska
Date Deposited: 16 Apr 2019 01:28
Last Modified: 16 Apr 2019 01:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31238

Actions (login required)

View Item View Item