Penerapan Islamic social entrepreneurship bagi penyandang disabilitas di Tiara Handicraft Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Rahayu (2019) Penerapan Islamic social entrepreneurship bagi penyandang disabilitas di Tiara Handicraft Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahayu Wulandari_G04215029.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Penerapan Islamic Social Entrepreneuship Bagi Penyandang Disabilitas di Tiara Handicraft Surabaya” bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Islamic social entrepreneurship di Tiara Handicraft dalam usahanya untuk memberdayakan penyandang disabilitas. Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Dimana data yang sudah terkumpul dianalisa secara deskriptif kualitatif guna menjawab pertanyaan yang ada.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pemberdayaan disabilitas di Tiara Handicraft Surabaya telah menerapkan Islamic social entrepreneurship. Kegiatan di Tiara Handicraft sesuai dengan karakteristik sebuah social entrepreneurship yang dilihat dalam perspektif Islam yaitu social mission, empowerment, ethical business prinsiples, reinvestment for social mission, dan sustainability. Tiara Handicraft memiliki misi sosial untuk mengurangi pengangguran disabilitas. Untuk mewujudkan misi sosialnya, Tiara Handicraft melakukan pemberdayaan yang dilakukan dengan memberikan keterampilan dan ilmu yang juga di imbangi dengan pemberian motivasi dan ajakan untuk shalat berjama’ah secara rutin. Dalam praktek bisnisnya, Tiara Handicraft juga menerapkan etika bisnis yang sesuai dengan ajaran Islam. Hasil dari kegiatan bisnis tersebut digunakan kembali untuk membantu memenuhi kebutuhan para penyandnag disabilitas. Sebagaimana Islam mengajarkan untuk menyisihkan sebagian harta untuk kepentingan orang yang tidak mampu. Saran dari peneliti untuk Tiara Handicraft adalah agar misi sosial dalam memberdayakan para penyandang disabilitas dapat terus dijalankan dengan selalu mengedepankan nilai-nilai yang sesuai dengan ajaran Islam. Dengan begitu diharapkan sebagai sebuah social entrepreneurship Tiara Handicraft dapat terus berperan aktif dalam mengurangi jumlah pengangguran penyandang disabilitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Rahayurahayuw@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Wirausaha
Keywords: Islamic social entrepreneurship; penyandang disabilitas; Tiara Handicraft
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Wulandari Rahayu
Date Deposited: 15 Apr 2019 04:12
Last Modified: 15 Apr 2019 04:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31266

Actions (login required)

View Item View Item