Peran Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) terhadap sistem jual beli Ijon dalam Perspektif Ekonomi Islam: studi kasus di Desa Blabakan Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mawarsari, Tri Bekti (2019) Peran Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) terhadap sistem jual beli Ijon dalam Perspektif Ekonomi Islam: studi kasus di Desa Blabakan Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tri Bekti Mawarsari_G74215112.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skrisi ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana pelaksanaan jual beli padi dengan sistem ijon di Desa Blabakan Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun, bagaimana peran dari gabungan kelompok tani terkait jual beli dengan sistem ijon yang ada di Desa Blabakan Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun, dan bagaimana analisis ekonomi Islam terhadap jual beli ijon. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara, informan dalam penelitian ini yaitu Perangkat Desa, Pengurus Gapoktan, Petani, Tengkulak. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa pelaksanaan jual beli ijon yang ada di Desa Blabakan ada dua cara yang pertama ketika padi masih dalam keadaan baru tanam, yang kedua dengan cara menjual padi yang sudah waktu panen tetapi belum dipanen masih di sawah menggunakan perkiraan, peran gapoktan terkait jual beli ijon yang berkembang di Desa Blabakan dengan upaya pembuatan resi gudang yang berfungsi menampung padi para petani yang kemudian bisa dijual ketika harga naik, dalam ekonomi islam jual beli seperti ini sebenarnya merugikan petani karena memakai perkiraan jika ditimbang hasilnya bisa lebih dari itu. Di dalam ajaran Islam jual beli semacam ini tidak diperbolehkan karena menngandung unsur gharar/ketidakjelasan dalam jumlahnya. Sejalan dengan kesimpulan di atas, di sarankan bagi para petani untuk mengganti jual beli mereka dengan jual beli salam/pemesanan dimana pada jual beli salam tidak ada pihak yang dirugikan karena jelas jika hasil panen lebih banyak dari perkiraan maka pembeli akan menambah uang kepada penjual, oleh karena itu jual beli semacam ini lebih disarankan karena tidak akan ada pihak yang dirugikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mawarsari, Tri Bektitribekti309@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Jual Beli
Keywords: Jual beli ijon; Gapoktan; Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mawarsari Tri Bekti
Date Deposited: 15 Apr 2019 01:55
Last Modified: 15 Apr 2019 01:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31277

Actions (login required)

View Item View Item