Strategi promosi dan pengembangan produk Kopi Mahkota Raja Blend Doa menurut pemasaran perspektif Islam di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmah, Ulul Azmiyatur (2019) Strategi promosi dan pengembangan produk Kopi Mahkota Raja Blend Doa menurut pemasaran perspektif Islam di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulul Azmiyatur Rahmah_G74215115.pdf

Download (2MB)

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis yang semakin ketat membuat perusahaan selalu berusaha untuk menemukan strategi yang tepat dan benar dalam memasarkan produknya agar bisa sampai kepada konsumen. Salah satu hal tersebut adalah dengan membuat inovasi melalui promosi dan pengembangan produk. Terkendala biaya promosi yang cukup besar dan ketersediaan bahan baku yang tidak menentu menjadi penghambat dalam keberlanjutan suatu usaha. Untuk itu perusahaan harus mampu melakukan usaha yang terbaik agar perusahaan tetap eksis di pasaran konsumen. Seperti bisnis yang dilakukan oleh yayasan pesantren Mukmin Mandiri yaitu memproduksi kopi Mahkota Raja Blend Doa. Berdasarkan hal tersebut skripsi yang berjudul “Strategi Promosi dan Pengembangan Produk Kopi Mahkota Raja Blend Doa Menurut Pemasaran Perspektif Islam di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Waru Sidoarjo” ini merupakan hasil penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana upaya Pondok Pesantren Mukmin Mandiri dalam melakukan strategi promosi produk kopi menurut pemasaran perspektif Islam dan bagaimana upaya Pondok Pesantren Mukmin Mandiri dalam melakukan pengembangan produk kopi menurut pemasaran perspektif Islam. Hasil penelitian yang diperoleh adalah unit bisnis yayasan pesantren Mukmin Mandiri dalam menjalankan usaha bisnisnya serta sebagai media pembelajaran santri kebanyakan dilakukan secara offline langsung berinteraksi dengan konsumen. Bisnis yang dilakukan oleh yayasan pesantren Mukmin Mandiri sudah berkembang dengan baik dilihat dari hasil penjualan kopi empat tahun belakang yang terus meningkat berdasarkan hasil data diolah. Apabila ditinjau dari segi pemasaran perspektif Islam bahwa strategi promosi yang dilakukan telah menerapkan etika dalam menjual seperti etika marketing Rasulullah, seperti selalu menjaga hubungan dengan pelanggan, berpakaian rapi dan lain sebagainya. Dalam pengembangan produk, produk yang dihasilkan halal, bermutu dan berkualitas, tidak mengandung unsur gharar yang artinya barang yang diperjual belikan itu jelas dan memiliki manfaat bagi konsumen yang mengkonsumsinya. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan unit bisnis pesantren Mukmin Mandiri lebih menggencarkan promosi dengan memulai melalui e-commerce dan diharapkan promosi dan pengembangan produk yang telah dijalankan dapat lebih ditingkatkan kembali.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmah, Ulul Azmiyaturulul.azmiya123@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Pemasaran
Keywords: Strategi promosi; Pengembangan produk; Pemasaran perspektif Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rahmah Ulul Azmiyatur
Date Deposited: 15 Apr 2019 02:42
Last Modified: 15 Apr 2019 02:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31279

Actions (login required)

View Item View Item