Penerapan model active learning tipe team quiz dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi surah al-Ma’un kelas V MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajriyah, Durotun Nafisah (2019) Penerapan model active learning tipe team quiz dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi surah al-Ma’un kelas V MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Durotun Nafisah Fajriyah_D07215009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya kesulitan yang dialami siswa kelas V-A MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. Dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar di kelas sebelumnya dari 26 siswa kelas V-A, 10 siswa yang tuntas dan mencapai 38,46% ketuntasan dalam belajar. Penyebabnya adalah siswa merasa bosan dengan pembelajaran yang sangat jarang menggunakan model pembelajaran yang menarik dengan mengaktifkan siswa. Solusi mengatasi masalah ini adalah menerapkan model pembelajaran active learning tipe team quiz. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan model active learning tipe team quiz untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Al - Qur’an Hadist Surah Al- Ma’un kelas V-A di MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo dan Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi Al- Ma’un kelas V-A di MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo setelah menggunakan model active learning tipe team quiz. Metode penelitian ini merupakan PTK model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik obsevasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, penerapan model active learning tipe team quiz dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 68,75 meningkat menjadi 87,5 pada siklus II. Sedangkan untuk nilai akhir aktivitas siswa pada siklus I adalah 72,91 meningkat menjadi 91,6 pada siklus II. Kedua, tingkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-qur’an hadits materi surah al-ma’un di kelas V-A menerapkan model active learning tipe team quiz mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil nilai tes hasil belajar, pada siklus I diperoleh 65,38% (kurang) dengan rata-rata 73,46 dan pada siklus II diperoleh hasil 84,61% (baik) dan rata-rata nilai sebesar 82,88.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajriyah, Durotun Nafisahriyanafisah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Al-Qur’an; Hadits; active learning; team quiz
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fajriyah Durotun Nafisah
Date Deposited: 15 Apr 2019 02:33
Last Modified: 15 Apr 2019 02:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31291

Actions (login required)

View Item View Item