Peran Rahn Hasan dalam penguatan usaha nasabah Pegadaian Syariah Cabang Kebomas Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Evitasari, Anastasya Nur (2019) Peran Rahn Hasan dalam penguatan usaha nasabah Pegadaian Syariah Cabang Kebomas Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anastasya Nur Evitasari_G74215130.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Peran Rahn Hasan dalam Penguatan Usaha Nasabah Pegadaian Syariah Cabang Kebomas Gresik‛ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana implementasi dan peran rahn hasan dalam penguatan usaha nasabah Pegadaian Syariah Cabang Kebomas Gresik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada objek. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian diolah melalui editing, organizing, dan penemuan hasil untuk memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi rahn hasan di Pegadaian Syariah Cabang Kebomas Gresik dilaksanakan dengan alur pengajuan yaitu rahin dengan membawa marhun mendatangi kantor pegadaian syariah untuk mendapatkan pembiayaan dari murtahin. Jumlah maksimal pembiayaan yang akan didapatkan sebesar Rp 500.000,- dengan tenor 2 bulan. Nasabah yang menggunakan rahn hasan tidak dibebankan tambahan mu’nah. Dengan berbagai keistimewaan tersebut, nasabah dapat menggunakan pembiayaan dari rahn hasan untuk menambah modal usahanya. Modal tersebut digunakan nasabah untuk meningkatkan jumlah produksi atau penjualan, sehingga menghasilkan omset penjualan mereka meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Evitasari, Anastasya Nuranastasyanevita@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Gadai
Keywords: Rahn Hasan; Pegadaian Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syariah
Depositing User: Evitasari Anastasya Nur
Date Deposited: 15 Apr 2019 02:58
Last Modified: 15 Apr 2019 02:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31310

Actions (login required)

View Item View Item