Analisis permintaan jasa Ojesy (Ojek Syar'i) pada segmentasi pelanggan wanita di era milenial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Poernomowati, Kisthi (2019) Analisis permintaan jasa Ojesy (Ojek Syar'i) pada segmentasi pelanggan wanita di era milenial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kisthi Poernomowati_G74215150.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Permintaan Jasa Ojesy (Ojek Syar’i) pada Segmentasi Pelanggan Wanita di Era Milenial (Ojek Syar’i) pada Segmentasi Pelanggan Wanita di Era Milenial” ini menganalisis tentang permintaan jasa Ojesy (Ojek Syar’i) pada segmentasi pelanggan wanita di Era Milenial, dimana permintaan tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Tujuan penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah mengenai bagaimana Analisis Permintaan Jasa Ojesy (Ojek Syar’i) pada Segmentasi Pelanggan Wanita di Era Milenial (Ojek Syar’i) pada segmentasi pelanggan wanita di Era Milenial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah CMO (Credit Marketting Officer) Ojesy, Sahabat Pengendara, dan customer Ojesy. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan CMO Ojesy, Sahabat Pengendara, dan customer Ojesy. Observasi dilakukan ketika customer Ojesy menggunakan layanan Ojesy, dan dokumentasi dilakukan pada penggunaan aplikasi ‘Ojesy’, dan ketika customer Ojesy menggunakan layanan Ojesy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permintaan jasa yang dilakukan oleh customer Ojesy dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu antara lain yaitu antara lain : (1) Keinginan atau selera customer Ojesy (raghbah) terhadap layanan Ojesy yang berbeda daan selalu berubah-ubah, (2) Jumlah customer Ojesy yang meminta (tullab) layanan jasa Ojesy, (3) Kuat atau lemahnya kebutuhan terhadap layanan jasa Ojesy, (4) Tingkat pendapatan customer Ojesy, (5) Tarif yang ditetapkan Ojesy, dan (6) Citra atau image Ojesy. Tarif yang ditetapkan Ojesy dipengaruhi oleh tujuan perjalanan (trip purpose) yang dilakukan customer Ojesy, cara dan waktu pembayaran order Ojesy, toleransi waktu serta tarif tunggu yang ditetapkan untuk customer Ojesy, tingkat absolute dari perubahan tarif layanan Ojesy, dan tarif ojek online yang lain. Citra atau image Ojesy dipengaruhi oleh kualitas layanan Ojesy yang tertuang dalam dimensi berwujud (tangibles), dimensi keandalan (reliability), dimensi ketanggapan atau daya tanggap (responsiveness), dimensi jaminan dan kepastian (assurance), dan dimensi empati (emphaty). Berdasarkan penelusuran terhadap permintaan jasa Ojesy, maka customer Ojesy terbagi menjadi 2 (dua) kategori, yaitu antara lain pengguna pilihan (user choice), dan pengguna tergantung (user captive). Dari hasil penelitian ini diharapkan agar Ojesy dapat memenuhi permintaan customer Ojesy, sehingga nantinya customer Ojesy akan merasa puas dan nyaman ketika menggunakan layanan Ojesy. Ojesy juga diharapkan mampu memenuhi permintaan customer Ojesy.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Poernomowati, Kisthikisthip@gmaiil.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Permintaan dalam perspektif islam; permintaan jasa; transportasi online; Ojesy; Ojek Syar’i
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Poernomowati Kisthi
Date Deposited: 15 Apr 2019 03:05
Last Modified: 15 Apr 2019 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31316

Actions (login required)

View Item View Item