Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Yayasan Pendidikan Ma'arif 2 Sukodono

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isriqfari, Firman (2019) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Yayasan Pendidikan Ma'arif 2 Sukodono. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firman Istiqfari_D23213084.pdf

Download (4MB)

Abstract

Seorang kepala sekolah dalam organisasi sangat dibutuhkan untuk membawa organisasi kepada tujuan yang telah ditetapkan. Peningkatan kinerja guru merupakan prihal yang sangat menentukan keberhasilan lembaga sekolah/madrasah, karena dari gurulah perubahan dalam bidang pendidikan akan dicapai. Faktor guru sangat menentukan terbentuknya peserta didik yang berkualitas. Oleh karena itu peran kepala sekolah sangat dibutuhkan dalam rangka membantu guru agar bias lebih profesional. Pada penelitian ini, peneliti berusaha untuk menyajikan keberadaan tokoh sentral yaitu: kepala sekolah, yang dianggap memiliki kontribusi terhadap peningkatan kinerja guru di SMA Yayasan Pendidikan Ma’arif 2 Sukodono. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendiskripsikan dan menganalisa peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Yayasan Pendidikan Ma’arif 2 Sukodono. (2) Mendeskripsikan dan menganalis strategi apa yang digunakan oleh kepala SMA Yayasan Pendidikan Ma’arif 2 Sukodono dalam meningkatkan kinerja guru. (3) Mengetahui hasil strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Yayasan Pendidikan Ma’arif 2 Sukodono. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dengan menggunakan berbagai sumber, teori dan metode sehingga diperoleh data yang objektif. Informan penelitian yaitu: kepala sekolah, waka kurikulum, kesiswaan, dan 3 orang pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Yayasan Pendidikan Ma’arif 2 Sukodono adalah: a) Kepala sekolah sebagai supervisor, b) Sebagai evaluator, c) Sebagai educator. (2) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Yayasan Pendidikan Ma’arif 2 Sukodono adalah: a) Membangkitkan semangat kinerja para guru dengan cara menumbuhkan rasa memiliki terhadap lembaga, b) Kerja sama dengan lembaga lain dalam mengikutkan workshop dan pelatihan,, c) Bentuk motivasi adalah instrinsik dan ekstrinsik, d) Melakukan komunikasi persuasive, (3) hasil strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Yayasan Pendidikan Ma’arif 2 Sukodono adalah: a) Selalu membuat perencanaan pembelajaran, b) Menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, c) Mewujudkan iklim kelas yang kondusif, d) Menggunaan media.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isriqfari, FirmanISTIQFARIFIRMAN@GMAIL.COMUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: kepala sekolah; guru; kinerja
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Istiqfari Firman
Date Deposited: 15 Apr 2019 03:47
Last Modified: 15 Apr 2019 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31340

Actions (login required)

View Item View Item