Implementasi Islamic Marketing Mix di Supermarket Sakinah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Kuhlil (2019) Implementasi Islamic Marketing Mix di Supermarket Sakinah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kuhlil Hidayah_G04215015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Islamic Marketing Mix di Supermarket Sakinah Surabaya” ini merupakan hasil penelitian field research atau lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana analisis konsep syariah marketing yang diimplementasikan oleh supermarket Sakinah Surabaya dalam meningkatkan profit penjualan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif berdasarkan data yang diperoleh dari hasil survey, observasi dan wawancara dengan manager operasional, kepala staf toko, beberapa karyawan dan konsumen supermarket Sakinah. Kemudian, data tersebut dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa supermarket Sakinah telah menerapkan konsep syariah marketing yang meliputi marketing mix 4PS, yaitu product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), dan service (pelayanan). Untuk produk, supermarket sakinah hanya menjual produk yang sudah bersertifikat BPOM MUI atau PIRT, mengandung unsur kemaslahatan seperti kebutuhan pokok serta tidak membahayakan jiwa konsumen seperti rokok dan minuman alkohol, kemudian untuk harga mengambil keuntungan yang wajar dan tidak melakukan ghabn, untuk tempat cukup strategis karena dekat dengan jalan raya besar dan sekitar pemukiman warga, dan tidak melakukan ikhtikar, untuk promosi mendahulukan akhlak dan tidak melakukan tadlis, untuk pelayanan yang diterapkan yaitu ramah terhadap konsumen, bisa dipercaya, menyediakan fasilitas yang aman dan nyaman, berpenampilan rapi sesuai dengan jobdesc, secara keseluruhan penerapan tersebut dapat meningkatkan profit penjualan walaupun tidak menutup kemungkinan terjadi penurunan dikarenakan faktor diluar aspek 4PS. Supermarket sakinah diharapkan bisa mempertahankan keistiqomahan dalam melaksanakan konsep marketing mix sesuai dengan syariah. Dan memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen, baik dari fasilitas, kelengkapan produk, ataupun penataan display, sehingga keloyalitasan konsumen selalu terjaga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Kuhlilhylda.chaimb@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Pemasaran
Keywords: Islamic Marketing Mix; Konsep Marketing Mix 4PS; Supermarket Sakinah Surabaya
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Hidayah Kuhlil
Date Deposited: 15 Apr 2019 07:58
Last Modified: 15 Apr 2019 07:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31346

Actions (login required)

View Item View Item