Pengembangan desa mandiri berbasis ekonomi syariah: studi evaluasi terhadap implementasinya di Desa Syariah Cukir, Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Fatkur (2019) Pengembangan desa mandiri berbasis ekonomi syariah: studi evaluasi terhadap implementasinya di Desa Syariah Cukir, Kabupaten Jombang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatkur Huda_F02416087.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan Desa Mandiri Berbasis Ekonomi Syariah merupakan salah satu kegiatan pengembangan desa mandiri yang digagas oleh Bank Indonesia (BI) berkerjasama dengan Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI). Dalam rangka mensukseskan program tersebut maka perlu adanya kajian yang mendalam dalam pelaksanaanya. Desa Syariah Cukir Kabupaten Jombang merupakan salah satu yang menjadi pilot projekprogram Pengembangan Desa Mandiri Berbasis Ekonomi Syariah. Berbekal dengan kondisi ekonomi yang sudah terbilang cukup mandiri, desa Syariah Cukir merupakan kawasan industri dan juga pesantren, salah satunya adanya Pesantren Tebuireng yang merupakan salah satu pesantren tertua di Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dengan maksud mampu menjelaskan secara dalam terkait model pengembangan desa mandiri berbasis ekonomi syariah dan potensi-potensi yang ada pada desa yang dijadikan sebagai pilot projek. Hasil dari penelitian ini adalah penerjemahan 5 (lima) indikator yang telah ditetapkan oleh Bank Inonesia(BI) terkait penilaian desa mandiri tersebut. Dengan penerjemahan kedalam konsep yang dirujuk dari beberapa refrensi maka ditemukan konsep desa mandiri berbasis ekonomi syariah yang memiliki nilai aktifitas berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Pada aspek sosial-ekonomi dan keagamaan, desa Syariah Cukir telah mengaktualisasikan kegiatan ekonomi dan interaksi sosial yang memperhatikan nilai-nilai keagaaman dalam hal ini Islam. Kondisi tersebut dipengaruhi dengan adanya Pesantren Tebuireng yang menjadi basis aktifitas masyarakat sekitar. Disisi lain di desa Syariah Cukir sendiri telah berdiri lembanga keuangan syariah yang dengan kemudahanya dapat diakses masyarakat dalam berbagai kepentingan termasuk pembiayaan usaha masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, Fatkurhudafatkur@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Desa; Mandiri; Ekonomi; Syariah
Divisions: Program Magister > Ekonomi Islam
Depositing User: Huda Fatkur
Date Deposited: 16 Apr 2019 04:02
Last Modified: 16 Apr 2019 04:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31368

Actions (login required)

View Item View Item