Pengaruh soft skill guru pendidikan agama islam terhadap kecerdasan emosional siswa di SMK PGRI I Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Rofidah (2019) Pengaruh soft skill guru pendidikan agama islam terhadap kecerdasan emosional siswa di SMK PGRI I Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rofidah Azizah_D91215109.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana soft skill guru pendidikan agama islam di SMK PGRI I Surabaya? (2) Bagaimana kecerdasan emotional siswa di SMK PGRI I Surabaya? (3) Apakah soft skill guru pendidikan agama islam berpengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa di SMK PGRI I Surabaya? Penelitian ini dilatar belakangi oleh sikap siswa yang sering membuat onar ketika pembelajaran berlangsung. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran tidak bisa berjalan dengan kondusif. Siswa tersebut juga seringkali bolos sekolah. Sehingga pihak guru menghubungi orang tua dan mengetahui bahwa anak tersebut merupakan korban dari “broken home” dari perceraian kedua orang tuanya. Guru berupaya untuk membangun kedekatan emosi dengan siswa. Hal ini meyebabkan siswa tersebut ketika diajar oleh guru terebut dan siswa tersebut menjadi jarang bolos sekolah dan lebih aktif ketika pembelajaran berlangsung. Data-data penelitian ini dihimpun dari siswa di SMK PGRI I Surabaya sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Berkenaan dengan itu, penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Untuk analisis datanya menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana, dapat disimpulkan bahwa (1) Prosentase soft skills guru PAI memiliki nilai rata-rata 102 termasuk dalam kategori cukup, (2) prosentase kecerdasan emosional siswa SMK PGRI I Surabaya memiliki nilai rata-rata 97,308 termasuk dalam kategori cukup, (3) Dari hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh soft skills guru PAI terhadap kecerdasan emosional siswa SMK PGRI I Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Rofidahrofidahazizah927@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Kecerdasan
Pendidikan
Keywords: Soft Skills; Guru Pendidikan Agama Islam; Kecerdasan Emosional.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azizah Rofidah
Date Deposited: 16 Apr 2019 03:39
Last Modified: 16 Apr 2019 03:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31397

Actions (login required)

View Item View Item