Penerapan Baca Al Qur'an untuk mendisiplinkan Siswa SMP Al Amin Klampis Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hotib, Moh. (2019) Penerapan Baca Al Qur'an untuk mendisiplinkan Siswa SMP Al Amin Klampis Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh Hotib B93215072.pdf

Download (12MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses Penerapan Baca Al Qur’an untuk Mendisiplinkan Siswa SMP Al Amin Klampis Bangkalan? (2) Bagaimana hasil Penerapan Baca Al Qur’an untuk Mendisiplinkan Siswa SMP Al Amin Klampis Bangkalan? Dalam menjawab pertanyaan tersebut, maka peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa tahap yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, setelah data terkumpul analisa dilakukan untuk mengetahui proses dan hasil penerapan baca al qur’an terhadap kedisiplinan siswa di SMP Al Amin Klampis Bangkalan. Dalam penelitian ini di simpulkan bahwa : (1) Proses Penerapan Baca Al Qur’an untuk mendisiplinkan siswa SMP Al Amin Klampis Bangkalan. Langkah awal yang dilakukan yaitu seluruh siswa dan guru pengajar mengambil wudhu terlebih dulu, dilanjutkan membaca Al Qur’an dengan pembacaan surah Yasin (setiap hari senin, selasa, kamis, dan jum’at), dan pembacaan surah Al Waqiah (setiap hari rabu dan sabtu) dilanjutkan dengan membaca shalawat Nariyah. (2) hasil dari proses penerapan baca Al Qur’an yang dilaksanakan rutin setiap hari dapat dilihat dengan kasat mata adanya perubahan yang signifikan pada diri siswa, kedisiplinan siswa mulai tertata, serta sopan santun siswa lambat laun menjadi baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hotib, Moh.mohhotib46@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Penerapan Baca Al Qur’an; Kedisiplinan siswa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Hotib Moh
Date Deposited: 16 Apr 2019 02:58
Last Modified: 16 Apr 2019 02:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31398

Actions (login required)

View Item View Item