Pembentukan Karakter Religius siswa melalui Pendidikan Humanis: studi multi kasus di SDN Jabon Pungging Mojokerto dan SDN Kemuning Tarik Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Efendy, Faisal (2019) Pembentukan Karakter Religius siswa melalui Pendidikan Humanis: studi multi kasus di SDN Jabon Pungging Mojokerto dan SDN Kemuning Tarik Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faisal Efendy_F12317291.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang pembentukan karakter religius siswa melalui pendidikan humanis (Studi multi kasus di SDN Jabon Pungging Mojokerto dan SDN Kemuning Tarik Sidoarjo). Adapun rumusan masalah pada tesis ini adalah: 1) Bagaimana nilai-nilai dasar dan prinsip pendidikan humanis di SDN Jabon Pungging Mojokerto dan SDN Kemuning Tarik Sidoarjo; 2) Bagaimana implementasi pendidikan humanis dalam membentuk karakter religius siswa di SDN Jabon Pungging Mojokerto dan SDN Kemuning Tarik Sidoarjo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sementara itu, dilihat dari teknik penyajian data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan teknik pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai pembentukan karakter religius siswa melalui pendidikan humanis di SDN Jabon Pungging Mojokerto dan SDN Kemuning Tarik Sidoarjo, menunjukkan bahwa: prinsip pendidikan humanis di SDN Jabon dan SDN Kemuning adalah hampir sama. Prinsip humanis kedua sekolah tersebut adalah: 1) Guru yang humanis, dengan memandang siswa sebagai manusia aktif dan bebas menentukan proses belajar. 2) Pembelajaran bersifat humanis, memberi kenyamanan dan kebebasan siswa dalam belajar. 3) Hukuman bersifat humanis, yakni tidak mengutamakan hukuman fisik, dengan memberi nasihat dengan tutur kata yang halus. Penerapan pendidikan humanis pada SDN Jabon adalah guru bersalaman dengan siswa tiap pagi hari, sedekah sebagai bentuk peduli sosial, berdoa bersama ketika menghadapi ujian sekolah, memperingati hari kelahiran nabi Muhammad Saw, dan mengadakan tumpengan kalangan guru. Sedangkan penerapan pendidikan humanis di SDN Kemuning adalah memberikan kebebasan berpendapat, pembiasaan sholat dhuha dan sholat dhuhur secara bersama, dilarang keras menyontek, merayakan hari kelahiran nabi Muhammad Saw, dan memperingati hari guru dengan tumpengan. Berdasarkan dari hasil analisis kajian tesis ini dapat disimpulkan bahwa pendidikan humanis memandang guru sebagai teladan yang harus dicontoh oleh setiap siswanya. Siswa merangsang nilai-nilai kebaikan yang lahir dari perilaku baik guru. Siswa meneladani kehumanisan yang selalu ditonjolkan oleh para guru dalam mendidik. Perlakuan guru yang humanis mempengaruhi cara berpikir siswa. Pola pikir siswa menjadi berkembang dengan sendirinya dalam menjalani hidupnya dengan masyarakat dan dalam memperlakukan manusia. Akhirnya, siswa menjadi mengerti dalam mengambil sikap dan tindakan yang harus dilakukan sebagaimana perlakuan humanis gurunya terhadap dirinya. Sebagai timbal baliknya, guru juga mendapatkan respons yang humanis pula dari siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Efendy, Faisalfendymoker@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pembentukan Karakter; Religius Siswa; Pendidikan Humanis
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Efendy Faisal
Date Deposited: 16 Apr 2019 04:22
Last Modified: 16 Apr 2019 04:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31401

Actions (login required)

View Item View Item