Anjuran membunuh cicak: studi kritis hadis Abu Dawud nomor indeks 5262 melalui pendekatan sains

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sya'dyya, Dini Tri Hidayatus (2019) Anjuran membunuh cicak: studi kritis hadis Abu Dawud nomor indeks 5262 melalui pendekatan sains. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dini Tri Hidayatus Sya'dyya_E95215065.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu karya ilmiah yang membahas tentang anjuran membunuh cicak, dimana masyarakat saat ini kurang mengenal adanya kesunahan dalam membunuh cicak, dikarenakan hadis tersebut belum bisa dibuktikan secara kasat mata, Sehingga hadis ini direlevansikan dengan kajian kajian sains modern, dikarenakan banyak sekali penyakit penyakit yang berkembang disebabkan oleh kotoran cicak, dimana populasi cicak saat ini yang semakin banyak sehingga perlunya penelitian ini dilakukan, guna mengetahui seberapa jauh bahaya bakteri pada kotoran cicak yang perlu kita ketahui. Dalam penelitian ini, penulis mengemukakan empat permasalahan, (1) Kualitas Hadis Anjuran membunuh cicak. (2) Kehujjahan Hadis anjuran membunuh cicak. (3) Pemaknaan Hadis anjuran membunuh cicak. (4) Rahasia diajurkannya membunuh cicak menurut pandangan sains. Untuk menjawab pemasalahan tersebut digunakan metode penelitian deskriptif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan dan menguraikan sesuatu hal menurut apa adanya atau karangan yang melukiskan sesuatu. Serta menggunakan jenis penelitian library research (penelitian kepustakaan), yaitu mengambil pada semua jenis data yang berhubungan dengan penelitian baik berupa buku, jurnal, dan bahan-bahan tertulis lainnya. Pada akhirnya, penelitian ini memberikan jawaban bahwa: Pertama, Hadis anjuran membunuh cicak berstatus Sah}ih lighairihi, dimana keshihannya dikuatkan oleh masuknya sanad yang lain. Kedua, membunuh cicak dalam kehidupan sehari hari dihukumi sunah (Pendapat imam Al-Nawawi). Ketiga, Membunuh cicak memang dianjurakan, diperkuat dengan kata امر pada hadis yang menjadi rujukan. Keempat, Dalam kotoran cicak memiliki banyak bakteri , e-coli merupakan bakteri yang ada pada kotoran cicak yang berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia, sehingga manusia harus tau dan menghindarinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sya'dyya, Dini Tri Hidayatusdinicantikhidayatus@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Keywords: Anjuran Membunuh Cicak; Kritik Abu Dawud; Analisis Sains
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Sya'dyya Dini Tri Hidayatus
Date Deposited: 16 Apr 2019 03:15
Last Modified: 16 Apr 2019 03:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31415

Actions (login required)

View Item View Item