Pembentukan karakter religius melalui pendidikan pencak silat: studi multi kasus Persaudaraan Setia Hati Terate di SMP Bahrul Ulum Putat Jaya dan Pagar Nusa DI SMP KHM. Nur Karang Tembok Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, M. Nurul (2019) Pembentukan karakter religius melalui pendidikan pencak silat: studi multi kasus Persaudaraan Setia Hati Terate di SMP Bahrul Ulum Putat Jaya dan Pagar Nusa DI SMP KHM. Nur Karang Tembok Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Nurul Huda_F02316058.pdf

Download (4MB)

Abstract

Era globalisasi ini peserta didik banyak mengalami krisis moral, berdasarkan data yang dirilis kemenpora pada tahun 2008 mengenai jumlah kriminalitas yang melibatkan anak-anak dan remaja menurut laporan Polri mencapau angka 3.280 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 2.797 laki-laki pelaku kriminalitas dan sebanyak 483 perempuan pelaku tindak kriminalitas. Jumlah data tersebut meningkat 4,3% dibandingkan pada tahun 2007 sebesar 3.145 orang. Selain itu data perkelahian antar pelajar selama 2011 yaitu 86,21%. Hal yang mengakibatkan peserta didik dan para pemuda di Indonesia tidak mempunyai karakter yang baik. Aktivitas akdemik dan non akademik tentunya sama-sama memiliki kontribusi dalam proses perkembangan pelajar di sekolah. Akhirnya pendidikan pencak silat merupakan salah satu solusi untuk mewujudkan pembentukan karakter, baik karakter sosial maupun karakter religius. Pendidikan formal disekolah akan terbantu dalam mengontrol peserta didik diluar jam sekolah, itu yang menjadi alasan sekolah (SMP Bahrul Ulum Putat Jaya dan SMP KHM. NUR Karang Tembok) Surabaya mengadakan ekstrakurikuler pencak silat di sekolah masing-masing. Dengan harapan pencak silat mampu mewadahi bakat seorang anak untuk diarahkan menjadi atlet yang mempunyai prestasi dan berakhlakul karimah. Penelitian tesis di atas menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di (SMP Bahrul Ulum Putat Jaya dan SMP KHM. NUR Karang Tembok) Surabaya. Subjek penelitian adalah pengurus dan pelatih pencak silat yang ada di sekolah masing-masing. Teknik pengumpulan data menggunakan; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Adapun teknik keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi data, dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembentukan karakter melalui pendidikan pencak silat (Persaudaraan Setia Hati Terate di SMP Bahrul Ulum Putat Jaya dan Pagar Nusa di SMP KHM. NUR Karang Tembok) Surabaya tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Pembentukan karakter kedua pencak silat di sekolah tersebut menggunakan strategi yang hampir sama dengan penerapanya dilakukan ketika proses pelatihan pencak silat. seperti halnya; jujur, tanggung jawab, peduli, disiplin, toleransi, dan bahkan ibadahnya dikontrol dalam proses latihan pencak silat. implementasi pembentukan karakter religius tersebut pada akhirnya akan menjadi sebuah pembiasaan bagi anak, dan apabila anak tidak ingin berubah, pelatih akan memberikan punishment sesuai aturan pencak silat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, M. Nuruljagadalimussirry1922@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pembentukan; Karakter Religius; Pencak silat
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Huda M. Nurul
Date Deposited: 16 Apr 2019 03:47
Last Modified: 16 Apr 2019 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31435

Actions (login required)

View Item View Item