Dakwah Pelestarian Lingkungan Hidup Oleh Tuan Guru Haji Hasanain Juaini di Narmada - Lombok

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zubaidi, Ali Akbar (2019) Dakwah Pelestarian Lingkungan Hidup Oleh Tuan Guru Haji Hasanain Juaini di Narmada - Lombok. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ali Akbar Zubaidi_F02717217.pdf

Download (2MB)

Abstract

Persoalan lingkungan menjadi masalah utama yang sangat perlu diperhatikan. Urgensi peran seorang tuan guru sangat dibutuhkan. Terlebih lagi banyaknya materi dakwah yang hanya membahas tentang aspek kognitif Islam sehingga materi pelestarian lingkungan hidup terabaikan. Tuan Guru Haji Hasanain Juaini merupakan salah satu tokoh agama yang aktif berkontribusi dan menyuarakan pelestarian lingkungan hidup di Narmada-Lombok melalui dakwahnya. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana dakwah pelestarian lingkungan hidup Tuan Guru Haji Hasanain Juaini? dan Apa makna dakwah pelestarian lingkungan hidup bagi Tuan Guru Haji Hasanain Juaini di Narmada-Lombok? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik yang digunakan adalah metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verfikasi. Hasil penelitian yang diperoleh menjelaskan bahwa dakwah pelestarian lingkungan hidup Tuan Guru Haji Hasanain Juaini dapat dilihat dalam dua bentuk, yaitu: konservasi lingkungan dan kebersihan lingkungan. Pada konservasi lingkungan, dengan cara; Dakwah Fardiyah, al-Qudwah Qobla ad-Da’wah dan Iqamat at-Ta’awun. Sedangkan pada kebersihan lingkungan dengan mengajak dan memberi keteladanan kepada santri, membangun relasi dengan Forum Komunikasi Pondok Pesantren NTB dalam pengelolaan sampah. Adapun makna dari dakwahnya dapat dilihat dari motif dan tujuan yang ingin dicapai. Adapun tujuan yang ingin dicapai yaitu: a) Mengharap ridho Allah. b) Menyadarkan lembaga pendidikan Islam. c) Pemberdayaan ekonomi umat. Sedangkan motif yang mendasari dakwahnya, yaitu: a) Belum mengimplementasikan perintah menjaga lingkungan. b) Minimnya peran lembaga pendidikan Islam. c) Upaya dakwah melalui pendekatan budaya. d) Rendahnya perekonomian umat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zubaidi, Ali Akbaraliakbarzubaidi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Ilmu Komunikasi
Keywords: Dakwah; Pelestarian Lingkungan Hidup; Tuan Guru
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Zubaidi Ali Akbar
Date Deposited: 16 Apr 2019 03:30
Last Modified: 16 Apr 2019 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31445

Actions (login required)

View Item View Item