، تطوير مادة تعليم اللغة العربية لمهارة الكتابة في الفصل الثاني بمدرسة " سونن درجات" للمعلمين والمعلمات بانجارأنيار باتشيران لامونجان العام الدراسي 2018-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rozaq, Abdul (2019) ، تطوير مادة تعليم اللغة العربية لمهارة الكتابة في الفصل الثاني بمدرسة " سونن درجات" للمعلمين والمعلمات بانجارأنيار باتشيران لامونجان العام الدراسي 2018-2019. Masters thesis, UIN SUNAN AMPEL.

[img] Text
Abdul Rozaq_F12616301.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Sunan Drajat Banjaranyar Paciran Lamongan belum menggunakan buku bahan ajar kurikulum 2013. Kementrian agama RI. Waktu untuk mempelajari keterampilan membaca sangat banyak, tidak hanya dalam pelajaran bahasa Arab, tetapi juga dalam pelajaran agama lainnya seperti hadis, tafsir, fiqih, dan tata bahasa. Kemudian untuk keterampilan menulis waktu tertentu dirasa kurang mencukupi. Penulis menggunakan metode Research and Development dengan pendekatan kuantitatif untuk menganalisa data dan nilai, serta menjelaskan efektifitas penerapan Materi Ajar Keterampilan Menulis dalam pembelajaran bahasa Arab. Adapun samplenya adalah Kelas 2 Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Sunan Drajat Banjaranyar Paciran Lamongan Tahun Ajaran 2018-2019 yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu: Observasi, interview, tes, dan dokumentasi. Dan hasil penelitian ini adalah: 1) Buku ajar yang digunakan dinilai kurang di salah satu bidang yang analisis padahal hal tersebut dibutuhkan oleh peserta didik, 2) Pengembangan materi ajar bahasa Arab ini memiliki enam langkah yakni pengumpulan hal-hal terkait dengan pembelajaran maharah kitabah, penulisan, pengembangan materi ajar, validasi, pengujian dan penerapan, 3) atas dasar komparasi antara hasil t-hitung dan t-tabel bahwa hasil t-hitung lebih besar dari t-tabel (6,638 > 2,0301) maka berarti Pengembangan Materi Ajar Bahasa Arab untuk Kelas 2 Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Sunan Drajat Banjaranyar Paciran Lamongan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rozaq, AbdulOzaq999@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Keterampilan Menulis; Pengembangan bahan ajar; Pendidikan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rozaq Abdul
Date Deposited: 16 Apr 2019 07:17
Last Modified: 16 Apr 2019 07:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31466

Actions (login required)

View Item View Item