Perebut Laki Orang (Pelakor) dalam pernikahan prespektif Maqashid Al-Shari'ah di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rakhmawati, Elok Ningtiyas (2019) Perebut Laki Orang (Pelakor) dalam pernikahan prespektif Maqashid Al-Shari'ah di Surabaya. Masters thesis, UIN SUNAN AMPEL.

[img] Text
Elok Ningtiyas Rakhmawati_F12916328.pdf

Download (1MB)

Abstract

Praktik fenomena pelakor dalam pernikahan mulai trend sejak tahun 2017 menjadi fenomena yang meresakan dan membutuhkan solusi untuk kemaslahatan masyarakat Surabaya utamnya sebagai kota yang diteliti, parktik pelakor yang terjadi sangatlah miris menimbulkan banyak efek negatif dan tidak sedikitpun mempunyai sisi positif, kemudian praktik pelakor ini kami tinjau dalam prespektif Maqasid al- Shari’ah yang kemudian menghasilkan kesimpulan bahwa praktik pelakor sangatlah bertentangan dengan tujuan Maqasid al- Shari’ah. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan ini peneliti akan menggambarkan realita empirik di balik fenomena pelakor yang terjadi di Surabaya melalui beberapa data yang diperoleh dari hasil wawancara maupun dokumentasi. Sedangkan pendekatan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Induktif dengan jenis penelitian kualiatif. Hasil penelitian ini adalah: Pertama,Fenomena pelakor yang terjadi di Surabaya diteliti menggunakan metode penelitian Edmund Husserl dan menghasilkan fenomena fenomena yang meresahkan dan harus segera dicarikan solusi kemaslahatannya agar tujuan utama pernikahan untuk membangan keluarga harmonis dapat tercapai.Kedua:tinjauan Maqasid al shari’ah tentang fenomena pelakor di Surabaya bahwa seluruh perbuatan pelakor sejak awalnya telah bertentangan dengan maqasid al shari‘ah yang telah dirancang dengan tujuan penjagaan akal, penjagaan agama, penjegaan harta, penjagaan keturunan, dan penjagaan diri

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rakhmawati, Elok Ningtiyaselokningtiyas06@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Perkawinan
Keywords: Pelakor; Maqasid al- Shari’ah; Fenomena
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Rakhmawati Elok Ningtiyas
Date Deposited: 16 Apr 2019 04:56
Last Modified: 16 Apr 2019 04:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31468

Actions (login required)

View Item View Item