Manajemen stres kerja pada pengurus Lembaga Pendidikan dan Sosial Islam (LPSI) Al-Barokah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setiyoso, Muhammad (2019) Manajemen stres kerja pada pengurus Lembaga Pendidikan dan Sosial Islam (LPSI) Al-Barokah Surabaya. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Setiyoso_F02916192.pdf

Download (7MB)

Abstract

Sumber daya manusia merupakan aspek penting dalam pencapaian visi organisasi. Berbagai masalah dapat menghambat kinerja sumber daya manusia, salah satunya adalah stres kerja. Untuk menangani masalah tersebut dibutuhkan upaya manajemen stres kerja. Gejala permasalahan ini ditemukan pada pengurus Lembaga Pendidikan dan Sosial Islam (LPSI) Al-Barokah Surabaya. Penelitian ini mengangkat rumusan masalah : (1) Bagaimana wujud stres kerja pada pengurus Lembaga Pendidikan dan Sosial Islam (LPSI) Al-Barokah Surabaya ? (2) Apa faktor-faktor penyebab stres kerja pada pengurus Lembaga Pendidikan dan Sosial Islam (LPSI) Al-Barokah Surabaya ? (3) Bagaimana implementasi manajemen stres kerja di Lembaga Pendidikan dan Sosial Islam (LPSI) Al-Barokah Surabaya ? Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan wujud stres kerja, faktor-faktor penyebab stres kerja, dan implementasi manajemen stres kerja di Lembaga Pendidikan dan Sosial Islam (LPSI) Al-Barokah Surabaya. Jenis penelitian termasuk dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman, yaitu melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan wujud stres kerja pada pengurus Lembaga Pendidikan dan Sosial Islam (LPSI) Al-Barokah Surabaya berupa gejala fisik, gejala psikologis, dan gejala perilaku. Faktor-faktor penyebab stres kerja yang ditemukan adalah tuntutan peran, ambiguitas peran, konflik peran, kondisi lingkungan, dukungan sosial, dan konflik sosial. Implementasi manajemen stres kerja diwujudkan dengan pembagian beban kerja, memperbaiki komunikasi organisasi, meningkatkan kerja sama antar pengurus, dan memberikan kesempatan kepada pengurus untuk memprioritaskan urusan kuliah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setiyoso, Muhammadmuhammadbangyos@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Dakwah
Manajemen Personalia
Sumber Daya Manusia
Keywords: Stress; manajemen stress; stress kerja
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Setiyoso Muhammad
Date Deposited: 16 Apr 2019 08:17
Last Modified: 16 Apr 2019 08:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31482

Actions (login required)

View Item View Item