Studi korelasi antara kesenjangan Gender terhadap Indeks Demokrasi di Filipina pada tahun 2010 - 2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

An Nashr, Nisa' (2019) Studi korelasi antara kesenjangan Gender terhadap Indeks Demokrasi di Filipina pada tahun 2010 - 2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nisa' An Nashr_I02215007.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesenjangan gender dengan indeks demokrasi di Filipina pada Tahun 2010 - 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rumusan masalah bersifat koreksional. Penelitian ini juga termasuk perbadingan politik berjenis single country studies dengan unit (n) yang dibandingkan di dalam suatu negara (within unit variations) dari tahun 2010 hingga 2018 (across period of time). Variabel dalam penelitian ini adalah kesenjangan gender (X) dengan indikator partisipasi ekonomi, tingkat pendidikan, kesehatan dan kelangsungan hidup, dan pemberdayaan politik dan indeks demokrasi (Y) dengan indikator pluralisme, fungsi pemerintahan, partisipasi politik, budaya politik dan kebebasan sipil. Pengumpulan data dilakukan dengan memanfaatkan data yang sudah matang (secondary data) dari dua instansi, yakni World Economy Forum (WEF) dan Economist Intelligence Unit (EIU). Adapun alat uji statistik yang digunakan adalah korelasi Pearson (product moment) dan arah korelasi (T-area). Penelitian ini menyimpulkan adanya hubungan positif antara kesenjangan gender terhadap indeks demokrasi di Filipina pada tahun 2010 - 2019 dengan koefisien korelasi sebesar 0,792. Variasi kesenjangan gender memberikan kontribusi terhadap indeks demokrasi sebesar 62,41% pada taraf signifikan α=0,05.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
An Nashr, Nisa'nissaaniss25@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Politik Internasional
Demokrasi
Keywords: Filipina; Kesenjangan Gender; Indeks Demokrasi; Feminisme
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Nashr Nisa' an
Date Deposited: 16 Apr 2019 08:38
Last Modified: 16 Apr 2019 08:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31486

Actions (login required)

View Item View Item