Perubahan busana santriwati di Pesantren Putri Al Mawaddah Ponorogo tahun 1989-2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hibatullah, Luthfi (2019) Perubahan busana santriwati di Pesantren Putri Al Mawaddah Ponorogo tahun 1989-2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luthfi Hibatullah_A92215097.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Perubahan Busana Santriwati di Pesantren Putri Al-Mawaddah Ponorogo tahun 1989-2018 memiliki dua fokus penelitian, yaitu: 1) Bagaimana pemahaman santriwati tentang transformasi gaya busana muslimah sesuai dengan syariat Islam. 2) Bagaimana transformasi gaya busana santriwati di Pesantren Putri Al-Mawaddah tahun 1989-2018. Penelitian ini berawal dari adanya perubahan dan perkembangan gaya busana yang terjadi di kalangan santriwati. Penelitian ini menggunakan pendekatan antropologi budaya, yang mana santriwati menjadi pelaku utama dalam pencapaian suatu perubahan dan perkembangan gaya busana. Serta mengetahui bagaimana suatu perubahan gaya busana santriwati itu muncul dan berkembang. Penelitian ini menggunakan teori postmodernisme Jean Baudrillard yang menjelaskan tentang kebutuhan santriwati akan perubahan gaya busana dan cara santriwati mempertahankan ciri khas busana pesantren di tengah perubahan yang terjadi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Santriwati di Pesantren Putri Al-Mawaddah memahami terjadinya transfomasi gaya busana yang disesuaikan dengan pemahaman busana muslimah yang ditanamkan pada diri santriwati. Sehingga menimbulkan perbedaan sikap antar santriwati dalam kebutuhan akan perubahan gaya busana, yaitu sikap positif, negatif, dan netral. 2) Transformasi gaya busana yang terjadi di Pesantren Putri AL-Mawaddah mengalami perubahan dari masa ke masa. Perubahan disesuaikan dengan trend busana. Santriwati Al-Mawaddah menerima perubahan dan perkembangan gaya busana, namun tetap mempertahankan ciri atau identitas sebagai santriwati melalui segala kode etik busana yang berlaku.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hibatullah, Luthfiellehibatullah@gamil.comUNSPECIFIED
Subjects: Wanita
Santri
Keywords: Perubahan; Busana; Santriwati
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Hibatullah Luthfi
Date Deposited: 18 Apr 2019 03:12
Last Modified: 18 Apr 2019 03:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31490

Actions (login required)

View Item View Item