Efektivitas Bimbingan dan Konseling Islam dengan teknik sosiodrama dalam upaya meningkatkan kepedulian sosial siswa SMK Kreatif Hasbullah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Nila Qurrotul (2019) Efektivitas Bimbingan dan Konseling Islam dengan teknik sosiodrama dalam upaya meningkatkan kepedulian sosial siswa SMK Kreatif Hasbullah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nila Qurrotul Ummah_B53215055.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kepedulian sosial merupakan suatu pembahasan penting didalam hubungan interpersonal. Adapun penelitian ini mengangkat permasalahan kesenjangan sosial berupa rendahnya sikap kepedulian sosial didalam lingkungan sosial seorang remaja, yakni siswa SMK Kreatif Hasbullah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Sebagai upaya untuk menanggapi permasalahan tersebut, Peneliti melakukan penelitian untuk mengkaji efektivitas bimbingan dan konseling islam dengan teknik sosiodrama dalam upaya meningkatkan kepedulian sosial siswa SMK Kreatif Hasbullah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, dimana penelitian ini difokuskan untuk meningkatkan aspek kepedulian sosial berupa love (kasih-sayang), responsibility (tanggung jawab), dan life harmony (keserasian hidup). Proses bimbingan dan konseling tersebut melewati langkah-langkah bimbingan dan konseling secara umum dengan memerhatikan ketentuan-ketentuan penting dalam Teknik Sosiodrama. Sedangkan untuk membuktikan efektivitas pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam peningkatan kepedulian sosial tersebut, maka peneliti menggunakan metode penelitian pendekatan kuantitatif jenis eksperimental yang berfungsi untuk menjawab hasil dari semua data dan fakta yang diperoleh selama penelitian berlangsung. Sementara metode pengumpulan data yang dipakai peneliti adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Adapun pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji paired sample t-test. Pasca pengujian hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test dilakukan, diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka hasil menunjukkan bahwa teknik sosiodrama memiliki pengaruh didalam meningkatkan kepedulian sosial siswa SMK Kreatif Hasbullah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Oleh sebab itu, peneliti menyarankan kepada pembaca yang berkepentingan positif untuk lebih mengeksplor pemanfaatan teknik sosiodrama sebagai pemecahan masalah sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Nila Qurrotulnilaqurrotulummah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Bimbingan Konseling Islam; Teknik Sosiodrama; Kepedulian Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ummah Nila Qurrotul
Date Deposited: 18 Apr 2019 07:13
Last Modified: 18 Apr 2019 07:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31497

Actions (login required)

View Item View Item