Pengaruh konseling Gestalt Profetik terhadap tingkat self awareness dalam kebersihan lingkungan di Asrama Roudlotul Banin Wal Banat Al-Masykuriyah Jemur Wonosari Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriawati, Ummu Hanik Dwi (2019) Pengaruh konseling Gestalt Profetik terhadap tingkat self awareness dalam kebersihan lingkungan di Asrama Roudlotul Banin Wal Banat Al-Masykuriyah Jemur Wonosari Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ummu Hanik Dwi Fitriawati_B93215089.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kebersihan lingkungan mencakup dua hal penting yaitu perintah agama serta konsep kesehatan. Secara tersirat, Allah menyerukan untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan yang disampaikan melalui firmanNya. Sebagai seorang muslim, melaksanakannya adalah suatu kewajiban. Di samping itu, kebersihan lingkungan erat kaitannya dengan konsep kesehatan. Lingkungan yang kurang terjaga akan rentan terkena penyakit. Oleh karena itu, menjaga kebersihan lingkungan mempunyai nilai penting untuk dilaksanakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana pengaruh bimbingan konseling Islam melalui Gestalt Profetik terhadap tingkat self awareness dalam kebersihan lingkungan di Asrama Roudlotul Banin Wal Banat Al Masykuriyah Jemur Wonosari Surabaya. Adapun tujuannya ialah untuk mengetahui pengaruh penggunaan teori Gestalt Profetik terhadap tingkat kesadaran diri dalam berlingkungan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan angket.Hasil analisis diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) ialah 0.005. Karena signifikansi lebih kecil dari pada 0,05 (0,005 < 0,05), maka menunjukkan bahwa bimbingan konseling Islam melalui teori Gestalt Profetik mempunyai pengaruh positif atau dapat meningkatkan kesadaran diri dalam kebersihan lingkungan di Asrama Roudlotul Banin Wal Banat Al-Masykuriyah Jemur Wonosari Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriawati, Ummu Hanik Dwiummuhanik.df@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Gestalt Profetik; Self Awareness; Kebersihan Lingkungan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Fitriawati Ummu Hanik Dwi
Date Deposited: 22 Apr 2019 03:00
Last Modified: 22 Apr 2019 03:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31524

Actions (login required)

View Item View Item