Konseling Islam dengan teknik Shaping dalam mengatasi remaja putri yang melalaikan sholat di Putat Jaya Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zalfa, khilda Nafila (2019) Konseling Islam dengan teknik Shaping dalam mengatasi remaja putri yang melalaikan sholat di Putat Jaya Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khilda Nafilatuz Zalfa B03215018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah proses konseling Islam dengan teknik shaping dalam mengatasi seorang remaja putri yang melalaikan sholat di Putat Jaya Surabaya ? (2) Bagaimanakah hasil konseling Islam dengan teknik shaping dalam mengatasi seorang remaja putri yang melalaikan sholat di Putat Jaya Surabaya? Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dalam membahas permasalahan dengan study kasus seorang remaja putri di putat jaya Surabaya. Penelitian kualitatif merupakan data yang diperoleh tertulis secara deskriptif yakni dengan kata-kata yang telah dirangkum sesuai perilaku yang diamati melalui observasi maupun wawancara. Konseling Islam dengan teknik shaping diterapkan dalam penelitian ini. Teknik shaping dengan memberikan kegiatan untuk pembentukkan perilaku yang baru sesuai dengan masalah konseli yang sering melalaikan sholat. Peneliti menggunakan teknik shaping untuk konseli, proses pembelajaran dengan diberikannya kegiatan baru yang mendorong konseli untuk melaksanakan sholatnya dengan tepat waktu. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif komperatif yakni membandingkan proses bimbingan dan koseling antara sebelum dan sesudah diterapkan terapi teknik shaping. Melalui proses konseling Islam dengan teknik shaping konseli dapat mengatasi rasa malas yang berlebihan dengan diberikannya kegiatan baru yang positif. Beberapa tahapan yaitu: Identifikasi masalah, diagnose, prognosa, terapi, dan evaluasi. Dengan teknik shaping ini konseli merubah perilaku secara bertahap secara berturut-turut sampai mendekati tingkah laku akhir yakni melaksanakan sholat dengan tepat waktu. Keadaan atau kondisi akhir dari konseling dengan teknik shaping telah dibuktikan dengan keberhasilan yang cukup baik. Hasi tersebut telah memberikan perubahan dan meningkatkan perilaku konseli dalam melaksanakan sholat dengan istiqomah dan tertib.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zalfa, khilda Nafilakhildanafilatuz98@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Konseling Islam; Teknik shaping; Remaja putri; Melalaikan sholat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Zalfa Khilda Nafilatuz
Date Deposited: 18 Apr 2019 04:31
Last Modified: 18 Apr 2019 04:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31542

Actions (login required)

View Item View Item