Strategi redaksi Tirto.id dalam penyajian berita di media online

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sasmita, Wiji Agustin (2019) Strategi redaksi Tirto.id dalam penyajian berita di media online. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wiji Agustin Sasmita_B06215034.pdf

Download (5MB)

Abstract

Adanya perkembangan teknologi dan informatika mendukung penyebaran informasi lebih cepat dan praktis. Industri media dituntut untuk lebih berinovasi dan canggih, serta tetap memiliki nilai kualitas yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan informasi pembaca, sehingga kompetisi media tersebut menyebabkan adanya disrupsi informasi. khususnya bagi para awak media online dalam menghasilkan beragam unsur-unsur jurnalistik. Acapkali lembaga berita online terjerembap menyampaikan informasi yang belum final terverifikasi kepada masyarakat luas sehingga terkadang menimbulkan mis-persepsi dan mis-interpretasi fakta. Oleh karena itu, strategi redaksi dianggap penting dalam penyajian berita di media online. Fokus penelitian yang dikaji dalam penelitian ini yaitu, bagaimana strategi redaksi Tirto.id dalam penyajian berita di media online. Mengungkap persoalan di atas, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lalu pengumpulan data dilaksanakan dengan (1) wawancara, (2) Observasi, Dokumentasi. Data yang didapat dianalisis dengan data yang dilakukan uji coba kredibilitas dengan cara triangulasi data. Teori yang digunakan adalah teori ekologi media dari Mc.Luhan. Data temuan penelitian dan pembahasan skripsi ini dapat disimpulkan bahwa strategi yang dilakukan diantaranya, kecepatan bukan utama dalam hal jurnalisme online, pentingnya penerapan cover both side, kedalaman berita lebih penting daripada banyaknya jumlah perhari, dan iklan bukan target utama. Strategi tersebut tercermin dari visi Sapto Anggoro sebagai pemimpin redaksi, untuk membangun peradaban baru jurnalisme online di Indonesia. Selain itu, strategi redaksi Tirto.id dalam penyajian berita diimplementasikan dengan mengemas berita menjadi infografik dan videografik dan memaksimalkan saluran- saluran media sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sasmita, Wiji Agustinagustin.sasmita@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Jurnalisme
Keywords: Strategi Redaksi; Tirto.id; Penyajian berita
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sasmita Wiji Agustin
Date Deposited: 18 Apr 2019 07:38
Last Modified: 18 Apr 2019 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31544

Actions (login required)

View Item View Item