Pengaruh Terapi Shalat Dhuha dalam mengurangi kecemasan karir masa depan siswa di SMA Muhammadiyah 8 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustin, Nilla (2019) Pengaruh Terapi Shalat Dhuha dalam mengurangi kecemasan karir masa depan siswa di SMA Muhammadiyah 8 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel surabaya.

[img] Text
Nilla Agustin_B03215027.pdf

Download (932kB)

Abstract

Masalah ketenagakerjaan menjadi hal yang sangat serius sehingga individu harus mempersiapkan diri untuk merancang karir masa depan sebaik mungkin. Sekolah memberikan bekal bagi para siswa berupa materi, kegiatan praktikum, ekstrakulikuler dan lainnya sebagai sarana memudahkan dalam pemilihan karir di masa depan. Namun, nampaknya hal tersebut masih membuat siswa merasa cemas terhadap karir masa depannya. Jika cemas merupakan perasaan khawatir, gelisah, pesimis, dan takut lalu apa yang bisa membuat para siswa merasakan ketenangan, kedamaian, dan kebahagiaan hidup meskipun melihat banyaknya tantangan dalam hal karir masa depan. Hal inilah yang menjadi alasan peneliti memilih judul di atas, dilihat dari perspektif bimbingan konseling islam dalam permasalahan yang dirasakan para siswa dalam bentuk kecemasan. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana Pengaruh Terapi Shalat Dhuha dalam Mengurangi Kecemasan Karir Masa Depan di SMA Muhammadiyah 8 Gresik? Dalam menjawab permasalahan tersebut, metode yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre experimental design dengan menggunakan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan Shalat Dhuhasebagai terapi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakanmix metode (kuantitatifdankualitatif) dengananalisishasildariPaired Sample t-Test untuk mengetahui perubahan dari suatu populasi (kelompok eksperimen) sebelum dan sesudah menerima perlakuan atau treatmendananalisis proses dari data kualitatif. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini adalah adanya pengurangan kecemasan karir masa depan antara sebelum dan sesudah mendapatkan treatmen. Hal ini dibuktikan berdasarkan analisis data menggunakan uji paired sample t-test dapat diperoleh hasil thitung> ttabel yaitu 22,767 > 2,056, dengan nilai signifikan dua sisi (2-tailed) < 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga hipotesis nihil (H0) dan hipotesis alternative (Ha) diterima yang artinya Terapi Shalat Dhuha berpengaruh dalam mengurangi Kecemasan Karir Masa Depan di SMA Muhammadiyah 8 Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustin, Nillanillaagstn97@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Salat > Salat Dhuha
Keywords: Terapi Shalat Dhuha; Kecemasan Karir Masa Depan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Agustin Nilla
Date Deposited: 18 Apr 2019 07:37
Last Modified: 18 Apr 2019 07:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31565

Actions (login required)

View Item View Item