Upaya meningkatkan kemampuan bercerita melalui metode Show and Tell pada siswa kelompok B di Taman Kanak-Kanak Terpadu Baiturrahman Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustafa, Lailiya (2019) Upaya meningkatkan kemampuan bercerita melalui metode Show and Tell pada siswa kelompok B di Taman Kanak-Kanak Terpadu Baiturrahman Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailiya Mustafa_D98215060.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya siswa kelompok B dalam kemampuan bercerita di Taman Kanak-Kanak Terpadu Baiturrahman Gedangan Sidoarjo. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar dalam kemampuan bercerita siswa yang menunjukkan bahwa siswa yang belum mampu bercerita sebesar 65% dan yang mampu bercerita sebesar 35% Berdasarkan hasil Rangkuman Penilaian dan Kompilasi Data Taman Kanak-Kanak Terpadu Baiturrahman Gedangan Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan metode show and tell dalam rangka meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa kelompok B dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bercerita setelah menggunakan metode show and tell pada siswa kelompok B di Taman Kanak-Kanak Terpadu Baiturrahman Gedangan Sidoarjo. Metode yang diigunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I, siklus II dan siklus III. Pada siklus I, siklus II dan siklus III terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, penilaian non tes serta dokumentasi berupa foto dan rekaman suara. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Penggunaan metode show and tell berkembang sangat baik pada siklus III dalam meningkatkan kemampuan bercerita siswa. Hal ini dapat dilihat pada hasil observasi peneliti dan guru pada siklus I sebesar 25% (Mulai berkembang) menjadi 62,5% (Berkembang sesuai harapan) pada siklus II dan meningkat lagi pada siklus III sebesar 87,5 (Berkembang sangat baik). Ini semua dikarenakan peneliti dan guru bias memperhatikan setiap kemampuan yang terdapat pada diri setiap siswa, sehingga semua siswa mendapatkan pengajaran yang sama dengan berbagai bentuk teknik penugasan. 2) Adanya peningkatan kemampuan bercerita setelah diterapkannya metode show and tell terlihat dari hasil ketuntasan belajar siswa dalam kemampuan bercerita berkembang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata menunjukkan hasil siklus I sebesar 35%(Mulai Berkembang), pada tahap siklus II sebesar 62,5% (Berkembang Sesuai Harapan) dan pada siklus III sebesar 87,5% (Berkembang Sangat Baik) dan telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustafa, Lailiyamustafalailiya90@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Keywords: Kemampuan Bercerita; Metode Show and Tell
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Mustafa Lailiya
Date Deposited: 18 Apr 2019 08:53
Last Modified: 18 Apr 2019 08:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31566

Actions (login required)

View Item View Item