Manajemen Desain Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini: studi kasus di taman kanak-kanak Roudhotul Ilmi Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmi, Amalidatul (2019) Manajemen Desain Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini: studi kasus di taman kanak-kanak Roudhotul Ilmi Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amalidatul Ilmi_D98214049.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pentingnya perhatian terhadap manajemen desain lingkungan PAUD disetiap lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Ditinjau dari desain interior/indoor maupun ekterior/outdoor.Lingkungan pendidikan sangat berpengaruh pada proses tumbuh kembang anak selanjutnya. Anak didik pada jenjang pendidikan ini sangat potensial.Karena anak sedang dalam masa golden age.Masa dimana otak anak berkembang kecerdasannya sangat pesat. Seluruh aspek-aspek kemampuan yang ada pada lingkungan sekitarnya baik rumah maupun taman bermain dan disekolah bisa menjadi sumber kegiatan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisa implementasi manajemen desain lingkungan PAUD di TK Roudhotul Ilmi Surabaya, kemudian mengetahui dan memahami proses internalisasi manajemen desain lingkungan PAUD dalam proses pembelajaran dan faktor pendukung serta penghambat implementasi manejemen desain lingkungan anak usia dini di TK Roudhotul Ilmi Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif (qualitative research) Studi Kasus.Dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Manajemen desain lingkungan pendidikan anak usia dini baik indoor maupun outdoor di TK Roudhotul Ilmi masih belum terlaksana dengan baik. Karena menyesuaikan kondisi sekolah dengan bangunan yang tidak begitu luas.Maka dari itu belum semua fasilitas terwujud.Akan tetapi fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan dilakukan oleh lembaga tersebut.2) Pemanfaatan fasilitas indoor dan outdoor di TK Roudhotul Ilmi sudah cukup maksimal. Dimana proses pembelajaran selalu memanfaatkan fasilitas yang ada. Dengan begitu juga menjaga dan merawat dengan baik fasilitas yang telah dimiliki. 3) TK Roudhotul Ilmi dalam pelaksanaannya ada dua hal yang mendukung manajemen desain lingkungan pendidikan anak usia dini baik indoor maupun outdoor, yaitu a) tenaga pendidik yang kompeten dan b) lingkungan masyarakat yang padat, aman dan kooperatif. Sedangkan hambatan yang dihadapi adalah a) keterbatasan tempat dan b) beberapa lembaga pendidikan anak usia dini yang sudah berdiri di desa tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmi, AmalidatulAmalidatulilmi@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Anak
Pendidikan
Keywords: Manajemen; desain; lingkungan; pendidikan; anak usia dini.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Ilmi Amalidatul
Date Deposited: 23 Apr 2019 07:27
Last Modified: 23 Apr 2019 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31586

Actions (login required)

View Item View Item