Upaya peningkatan Motorik Halus melalui kegiatan membatik cap di Kelompok Bermain (KB) B Rochmatulloh Kalijaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muti'ah, Muti'ah (2019) Upaya peningkatan Motorik Halus melalui kegiatan membatik cap di Kelompok Bermain (KB) B Rochmatulloh Kalijaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mutiah_D98215063.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan motorik halus (ketepatan mengecap) anak melalui kegiatan membatik cap.Hal yang melatar belakangi dilakukan penelitian ini ialah adanya aktivitas pengembangan motorik yang dinilai monoton seperti menebali huruf, menggunting, menempel, mewarnai yang senantiasa dilakukan berulang-ulang.Sementara itu, kegiatan membatik cap merupakan kegiatan yang paling diminati karena belum pernah dilakukan sebelumnya.Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan kegiatan membatik cap dalam meningkatakan motorik halus anak di KB B Rochmatulloh, Kalijaten?, dan bagaimana peningkatan motorik halus anak melalui kegiatan membatik cap di KB B Rochmatulloh, kalijaten?. Disamping itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan motorik halus siswa B KB Rochmatulloh. Penelitian ini dikategorikan sebagai PenelitianTindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teori Kemmis dan Mc. Taggart dandilakukan dalam 3 siklus yang mencakup proses perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dalam menganalisisnya, penelitian ini menggunakan proses reduksi data, paparan data, dan penyimpulan data yang diaplikasikan dalam tiga siklus. Penelitian ini memaparkan bahwa ditemukan perkembangan motorik halus di setiap siklusnya khususnya dalam hal keakuratan melakukan kegiatan membatik cap.Hasil siklus pertama menunjukkan siswa yang mendapat nilai >nilai tuntas mencapai 56%, siklus kedua 58%, siklus ketiga 86%. Ini menunjukkan bahwa pengembangan motorik halus melalui kegiatan membatik cap (ketepatan mengecap) siswa KB B Rochmatulloh termasuk dalam kriteria hasil berkembang sesuai harapan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muti'ah, Muti'ahmutia16031996@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Anak
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Motorik Halus; Batik Cap; KB B Rochmatulloh
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Muti'ah Muti'ah
Date Deposited: 22 Apr 2019 04:29
Last Modified: 22 Apr 2019 04:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31588

Actions (login required)

View Item View Item